Virus corona ganggu jadwal sepakbola dan latihan
Virus corona ganggu jadwal sepakbola dan latihan

JAWASPORT.COM – Dampak virus corona benar-benar makin mengganas hingga membuat berbagai negara kewalahan. Mulai dari perdagangan, penerbangan, parawisata dan berbagai lini kena imbas coronovirus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China.

Fakta terbaru adalah terganggunya sejumlah pertandingan sepakbola di Eropa. Sejumlah pertandingan sepakbola di kompetisi di Eropa mulai ditunda akibat virus corona.

Liga Super Swiss

Misalnya Asosiasi Sepakbola Swiss, Jumat (28/2/2020) mengumumkan penundaan semua pertandingan Liga Super Swiss dan Challenge League (Liga 2 Swiss) yang digelar pada akhir pekan.

Melansir dari Tuttosport, penundaan ini sehubungan regulasi darurat otoritas setempat yang melarang penyelenggaraan semua event di tempat publik dengan keterlibatan lebih dari 1.000 orang.

Pelarangan ini berlaku setidaknya sampai 15 Maret 2020. Pihak Liga menganjurkan jadwal pertandingan nantinya akan dipulihkan dengan partai di tempat tertutup. Asosiasi juga memberhentikan pertandingan untuk kompetisi wanita, hingga level junior, dan kejuaraan amatir serta regional.

(Baca juga – Nomor Punggung Lengkap Skuad Real Madrid, Ini Komentar Eden Hazard)

Bahkan laga perempat final Piala Swiss yang sedianya digelar pada 4 dan 5 Maret juga kena imbas penyebaran epidemi COVID-19. Presiden Asosiasi Sepak Bola Swiss (SFV), Dominique Blanc, dan Sekretaris Umum Robert Breiter menekankan keselamatan publik yang terlibat kompetisi ini menjadi prioritas.

“SFV sangat menyesalkan keputusan ini. Bagaimanapun, kesehatan anggota-anggota kami, orang tua, sukarelawan, dan fans menjadi hal paling penting,” demikian pernyataan pihak federasi.

Sejauh ini sudah terkonfirmasi 6 kasus positif virus Corona di Swiss. Kewaspadaan di Swiss meningkat karena dekatnya jarak dengan Italia, yang menjadi lokasi penyebaran paling akut di Eropa dengan 655 kasus dan 17 korban meninggal dunia.

Liga Italia Ditunda

Selain di Swiss, virus corona juga menganggu jadwal sepakbola Liga Italia atau Serie A Italia juga kena imbas. Pertandingan Sampdoria melawan Hellas Verona menambah daftar laga pada pekan ke-26 Liga Italia yang ditunda akibat virus Corona.

Sebelumnya, pemerintah daerah Regione Liguria mengumumkan bahwa pertandingan tersebut akan berlangsung secara tertutup di Stadion Luigi Ferraris pada Selasa (3/3/2020).

Football Italia mengabarkan kalau Sampdoria menentang langkah untuk bermain secara tertutup karena itu akan secara efektif menetralkan keunggulan kandang mereka. Lega Serie A, yang mengelola kompetisi sepak bola profesional di Italia, kemudian mengubah rencana dengan menjadwalkan ulang pertandingan menjadi menjadi Rabu (13/5/2020).

Petandingan Sampdoria melawan Hellas Verona menjadi laga keenam pada pekan ke-26 yang ditunda dan diubah jadwalnya. Sebelumnya, lima laga terkena dampak penundaan akibat virus Corona, termasuk salah satunya Derby d’Italia antara Juventus melawan Inter.

Sisanya di antara lain laga Udinese menghadapi Fiorentina, AC Milan versus Genoa, Parma kontra SPAL, dan Sassuolo melawan Brescia. Sementara di Serie B (kasta kedua Liga Italia), Cremonese yang seharusnya menggelar laga di kandang Ascoli berakhir pulang kembali dengan menempuh perjalanan 480 kilometer.

(Baca juga:¬† Liga 1 – Waspadai ‘Pemain Ke-12’ Persiraja)

Pertandingan yang seharusnya digelar pada Minggu (23/2/2020) itu dibatalkan sekitar satu jam sebelum kick-off karena COVID-19. Atas alasan serupa, pada hari Jumat (28/2/2020), laga Inter Milan melawan Ludogorets berlangsung secara tertutup di Stadion Guissipe Meazza.

Menurut laporan media Italia Agenzia Nazionale Stampa (Ansa), wabah virus Corona telah membunuh 34 orang dan menginfeksi 1.577 orang di Italia hingga Minggu (1/3/2020) waktu setempat. Secara keseluruhan, sejak awal epidemi pada Februari, sekitar 1.694 orang telah terinfeksi oleh virus baru tersebut.

Pemerintah Italia telah menghentikan kegiatan olahraga di wilayah Lombardy, Veneto dan Emilia-Romagna hingga 8 Maret 2020, kecuali mereka melaksanakannya secara tertutup. Ketiga wilayah tersebut merupakan yang terdampak paling buruk dengan jumlah kasus yang tertinggi ketimbang wilayah lainnya.

Pelatih Manchester United Takut Corona

Para pelatih juga senang untuk menghindari datang bertanding ke Italia setelah merebak virus corona di negara pizza itu.

Daily Star melaporkan sebelum hasil drawing Liga Europa diumumkan, Manager Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, berharap menghindari pertemuan dengan Inter Milan karena takut akan ancaman virus Corona. Solskjaer ingin menghindari perjalanan menuju Italia, negara yang paling terdampak virus Corona di Benua Eropa.

“Saya pikir seluruh dunia harus berpikir secara berbeda dan lebih waspada terhadap virus tersebut. Kami harus mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. Anda dapat melihat apa yang terjadi di Italia dan dampaknya terhadap permainan sepak bola. Saya pikir itu cukup mengkhawatirkan bagi semua orang,” Ole Gunnar Solskjaer.

(Baca juga – Fenomena Langka, Ratusan Ikan Mati dan Terdampar di Pantai)

Italia memang menjadi negara yang paling dirugikan di Benua Biru akibat penyebaran virus yang juga dikenal dengan nama COVID-19. Inter Milan pun sampai harus menggelar pertandingan secara tertutup saat melawan Ludogorets di Stadion Giuseppe Meazza pada laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa.

Saat ini Solskjaer menghela napas lega setelah mengetahui hasil drawing babak 16 besar Liga Europa 2019-2020. Bukan bersua Inter, Setan Merah akan bertanding dengan klub asal Austria, LASK pada 12 dan 19 Maret 2020. Adapun tim asuhan Antonio Conte akan bertemu dengan tim kuda hitam asal Spanyol, Getafe, pada kompetisi yang sama.

Ronaldo Batal Latihan

Dampak lain dari penyebaran virus corona di Italia bukan hanya menganggu jadwal pertandingan, tapi juga jadwal latihan. Bahkan jadwal latihan pemain Juventus, Cristiano Ronaldo dkk juga kena imbas coronavirus. Padahal Cristiano Ronaldo dan Juventus punya jadwal latihan pada Selasa (3/3/2020).

RT Sport melaporkan pihak klub membatalkan sesi latihan sebagai langkah preventif atas penyebaran virus Corona. Tiga pemain dari klub Serie C atau kasta ketiga Liga Italia, Pianesse, positif terjangkit COVID-19. Manajemen Juventus pun sempat meliburkan skuad U-23 setelah pemain-pemain muda mereka menjalani pertandingan melawan tim tersebut.

(Baca juga – Mahalnya Pemindahan Ibu Kota Baru, Survei Saja Puluhan Miliar)

Khawatir virus menyebar lebih luas, pihak Si Nyonya Tua juga meniadakan latihan untuk tim senior. Sebelumnya, laga Juventus versus Inter dalam lanjutan Serie A terpaksa diundur karena virus Corona. Duel tersebut sejatinya berlangsung pada Minggu (1/3/2020).

Ronaldo memanfaatkan libur ‘dadakan’ untuk menyaksikan secara langsung partai Real Madrid kontra Barcelona di Estadio Santiago Bernabeu. Pertandingan el calsico ini dimenangkan mantan bekas klub Ronaldo dengan skor 2-0.

Kini virus corona sudah masuk ke Indonesia seperti yang diumumkan Presiden Jokowi. Akankah berdampak kepada jadwal kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020. Hal ini bakal terlihat pada pekan-pekan sleanjutnya. Semoga saja tidak makin ganas penyebaran virus corona di Indonesia.(*)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here