Lionel Messi _ Ballon d'Or 2021
Pemain PSG, Lionel Messi yang mendapatkan trofi Bola Emas Ballon d’Or 2021 dalam malam penganugerahan di Theatre du Chatelet, Senin (29/11/2021).

JAWASPORT.COM – Nama Lionel Messi kembali menjadi pembicaraan dunia. Pemain PSG ini kembali mendapatkan penghargaan Ballon d’Or 2021. Tapi Ballon d’Or ketujuh untuk bomber Timnas Argentina ini menuai kontroversi dan dianggap tak layak untuk tahun ini.

Kontroversi ini bermula dari mantan bintang Barcelona, Lionel Messi yang mendapatkan trofi Bola Emas Ballon d’Or 2021 dalam malam penganugerahan di Theatre du Chatelet, Senin (29/11/2021).

Tapi benarkah Lionel Messi tak pantas menerima Ballon d’Or 2021 ?

Seperti diketahui, Messi meraih Ballon d’Or 2021 setelah unggul dari total 30 nomine. Messi mengumpulkan 33 poin atas pesaing terkuatnya, Robert Lewandowski dari Bayern Muenchen.

Fakta Ronaldo Tak Hadiri Ballon d’Or 2019 Untuk Lionel Messi

Ballon d’Or ini makin menobatkan Lionel Messi sebagai pemilik Bola Emas terbanyak dalam sejarah, yakni yang ketujuh. La Pulga, julukan Lionel Messi sudah memperoleh tujuh kali Ballon d’Or pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan tahun 2021. Untuk Ballon d’Or 2021 tidak semua pihak rela Bola Emas diberikan kepada Lionel Messi.

Penolakan datang dari Jerman. Gelandang legendaris timnas Jerman, Lothar Matthaus dengan tegas menyatakan ketidaksukaannya terhadap keputusan France Football selaku penyelenggara Ballon d’Or. Lothar Matthaus menilai Lewandowski lebih layak naik podium juara dibanding Messi.

“Sejujurnya, saya tak mengerti lagi. Atas segala hormat kepada Messi dan pemain hebat lainnya, tak ada satu pun yang layak menerima trofi daripada Lewandowski,” tegas Matthaus kepada Sky Germany yang juga pemenang Ballon d’Or 1990.

Lohtar Matthaus bukan satu-satunya yang tak rela Lionel Messi meraih Ballon d’Or 2021. Pernyataan tak setuju Lionel Messi meraih Ballon d’Or 2021 juga diungkapkan Jean-Pierre Papin.

https://jawasport.com/faktor-lionel-messi-layak-dapat-ballon-dor-2019/

“Leo tidak pantas memenangi Ballon d’Or tahun ini. Memilih Messi tahun ini akan mendevaluasi Bola Emas karena itu berarti kami tidak lagi memberikan kemungkinan kepada pemain berkinerja tinggi untuk memenangi trofi,” tegas Papin yang juga Pemain Terbaik Dunia edisi 1991.

Akibat pemain asal Jerman, Robert Lewandowski tak meraih Ballon d’Or 2021 membuat serangan datang dari media negaranya. Media Jerman, Bild juga melancarkan protes atas pemilihan Messi sebagai juara Ballon d’Or 2021. “Skandal,” demikian tajuk berita Bild.

Perbandingan Messi dan Lewandowski

Untuk membuktikan Lionel Messi tak pantas mendapatkan Ballon d’Or 2021 dapat dilihat dari perbandingan prestasi dengan Robert Lewandowski.  Bila membandingkan statistik di sepanjang musim 2020-2021. Harus diakui kalau Lewandowski memang menjadi bomber yang sangat tajam. Karena penyerang Bayern Muenchen ini berhasil mencetak 48 gol dari 40 penampilan di semua kompetisi.

Melihat Peluang Lionel Messi dan Ronaldo Rebut Ballon d’Or 2019

Lalu bagaimana Lionel Messi yang mendapat sorotan tajam. Sedangkan Lionel Messi hanya mampu mencetak 31 gol dalam 44 laga. Bila melihat ketajaman secara individu jelas unggul Lewandowski dari segi produktifitas gol dan jumlah pertandingan yang sedikit.

Kalau melihat dari segi raihan gelar pun, Lewandowski tetap unggul dari Lionel Messi. Lewandowski memperoleh empat titel pada musim lalu yang semuanya diraih bersama Muenchen. Sedangkan Lionel Messi hanya mendapatkan trofi Copa del Rey untuk Barcelona dan juara Copa America kepada timnas Argentina.

Bagaimana menurut anda setelah melihat perbandingan jumlah gol dan trofi antara Lionel Messi dengan Robert Lewandowski ? Benarkah Lionel Messi tak layak mendapatkan Ballon d’Or 2021 ?.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here