Piala AFC
Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memilih Bali United dan PSM Makassar untuk mewakili Indonesia dalam Piala AFC 2022

JAWASPORT.COM – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memilih Bali United dan PSM Makassar untuk mewakili Indonesia dalam Piala AFC 2022.

Tentu saja banyak yang bertanya mengapa PSSI memilih PSM Makassar dan Bali United untuk mewakili Indonesia di ajang bergensi di Asia.

Bahkan PSSI sudah mengirim surat resmi kepada Bali United dan PSM Makassar perihal terpilihnya kedua tim mewakili Indonesia ke ajang Piala AFC 2022.

Disebutkan dalam surat tersebut, ada berbagai pertimbangan mengapa Bali United yang ditunjuk untuk mewakili Indonesia di Piala AFC 2022.

Salah satu alasan kuat, yakni pergelaran Liga 1 2020 terhenti pada pekan ketiga akibat pandemi Covid sehingga tidak ada tim yang keluar sebagai juara.

Ini 8 Tim Indonesia yang Dapat Status Klub Lisensi AFC

Sedangkan kompetisi Liga 1 2021-2022 yang masih bergulir dan baru memasuki pekan ke-17. Hingga pekan ke-17, Bhayangkara FC memimpin klasemen sementara dengan koleksi 37 poin.

Tapi kompetisi Liga 1 2021-2022 belum ada juara dan persaingan di papan atas makin ketat. Bhayangkara FC hanya berstatus juara paruh musim.

Sedangkan alasan di pilihnya Bali United merupakan tim yang menjadi juara pada edisi Liga 1 2019

Kemudian PSSI mempertimbangkan dari mempertimbangkan hasil Club Licensing Cycle 2021.

Di ajang Piala AFC 2022, Bali United ditemani PSM Makassar untuk mewakili Indonesia.

Hasil Drawing Piala Asia U-16, Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka

Sedangkan alasan dipilihnya PSM Makassar merupakan juara pada ajang Piala Indonesia 2019.

Pemilihan kedua tim tersebut telah diterima oleh Konfederasi Sepakbola Asia
(AFC).

Tapi sebelumnya, Bali United dan Persipura Jayapura yang dipilih untuk tampil di Piala AFC 2021.

Hanya saja, harapan Bali United dan Persipura kandas setelah AFC menyatakan bahwa seluruh pertandingan fase Grup G, H, dan I yang diisi tim-tim Asia Tenggara, dibatalkan.

Pembatalan ini akibat pandemi Covid-19 yang tengah mewabah di seluruh dunia saat itu dan membahayakan pemain yang akan tampil di Piala AFC serta perangkat pertandingan.

Lionel Messi Dianggap tak Pantas Terima Ballon ‘Or 2021

Makanya untuk Piala AFC 2022, PSSI memilih Bali United dan PSM Makassar mewakili Indonesia.

Kabar gembira itu langsung disambut oleh manajemen Bali United.

Klub Pulau Dewata itu langsung mengumumkan keterwakilannya di Piala AFC 2022 melalui akun Instagram resmi klub Bali United, Kamis (30/12/2021).(*)

#pialaafc2022 #baliunited #psmmakassar #pssi #liga1 #Indonesia #jawasport

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here