Pembalap MotoGP, Valentino Rossi kembali mengeluhkan persoalan ban motornya. (Twitter Valentino Rossi)
Pembalap MotoGP, Valentino Rossi kembali mengeluhkan persoalan ban motornya. (Twitter Valentino Rossi)

JAWASPORT.COM – Nama pembalap Valentino Rossi memang begitu terkenal di balapan MotoGP. Meskipun belakangan ini dominasinya tergerus oleh pembalap muda. Siapa lagi kalau bukan sosok pembalap Marc Marquez.

Hanya saja, belakang ini Valentino Rossi sering mengeluhkan kondisi ban motor yang ditungganinya. Petinggi Tim Monster Energy Yamaha angkat bicara mengenai keluhan pembalap andalannya.

Memang soal keluhan ban sudah lumrah dikeluhkan oleh pembalap asal Italia itu. Entah memang benar-benar wajar ban dikeluhkan atau hanya upaya Rossi mencari kesalahan atas kegagalannya naik podium dalam seri balapan.

(Baca juga – Ambisi Pembalap Valentino Rossi di Usia 40 Tahun)

Namun, pihak Yamaha tetap mencari solusi untuk mengatasi keluhan Rossi. Karena mereka tak ingin mengecewakan pembalap andalannya yang berjuang atas nama Yamaha. Akankah solusi ini tertatasi dan Rossi kembali bersaing ketat di lintasan terdepan.

Dikutip dari PaddockGP, Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, menjamin timnya akan mencarikan solusi bagi masalah yang dihadapi Valentino Rossi. Para pembalap MotoGP telah menyelesaikan tes pramusim kedua MotoGP 2020 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar pada 22-24 Februari lalu.

Dalam sesi yang berlangsung selama tiga hari itu, seluruh tim, termasuk Yamaha, melakukan persiapan terbaiknya sebelum kejuaraan dimulai. Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, juga tak melewatkan tes pramusim mengingat musim depan adalah musim terakhirnya berada di tim pabrikan.



Masalah Ban

Tapi, asa Rossi untuk tampil kompetitif pada musim depan terhalang dengan munculnya masalah degradasi ban. Rider berjulukan The Doctor tersebut masih kesulitan untuk menjaga catatan waktunya tetap apik dalam durasi balapan di MotoGP.

Problem klasik tersebut adalah soal ban belakang motornya yang masih cepat aus sehingga sangat mempengarui ritme balapnya (race pace). Situasi yang dialami Rossi semakin aneh karena pembalap Yamaha lain tampil impresif dalam time attack maupun simulasi lomba (long run).

(Baca Juga – Ketika Marc Marquez Sindir Valentino Rossi di MotoGP)

“Kami melakukan simulasi dan sayangnya pada sesi kedua kami masih merasakan masalah yang sama dengan musim 2019. Saya sedikit mengalami krisis dengan ban, dan ritme saya yang tidak begitu cepat pada sesi kedua, inilah yang masih meragukan kami,” kata Valentino Rossi.

Cari Solusi Secepatnya

Menyikapi masalah yang dihadapi, Direktur tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, telah menyiapkan tindakan. Meregalli menjamin Yamaha akan mencarikan solusi secepatnya untuk Rossi dengan menganalisis data dari tes pramusim.

“Selama pekan-pekan ke depan, kami akan menganalisis data milik Rossi dan kami akan fokus dengan masa pakai ban motornya. Bagaimanapun juga, posisi Rossi tidak terlampau jauh dari pembalap tercepat, jadi kami berharap agar dia bisa konsisten di baris depan,” kata Meregalli.

(Baca Juga – Bernabeu Jadi Neraka Bagi Real Madrid)

Meregalli tak menampik bila faktor ban menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi penampilan Valentino Rossi pada hari terakhir tes pramusim. “Rossi mengalami kecelakaan kecil. Masalah itu sering muncul ketika kelembaban lintasan meningkat dan temperatur udara menurun,” kata Direktur tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli.(*)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here