Pelatih Barcelona, Quique Setien (kanan) dan Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman. Ternyata Ronald Koeman menolak tawaran melatih Barcelona. (Harry Langer via Getty Images/Oli Scarff/AFP)
Pelatih Barcelona, Quique Setien (kanan) dan Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman. Ternyata Ronald Koeman menolak tawaran melatih Barcelona. (Harry Langer via Getty Images/Oli Scarff/AFP)

JAWASPORT.COM – Barcelona menjadi sorotan media internasional setelah takluk dalam el clasico. Tuan rumah Real Madrid berhasil mengkandaskan Lionel Messi dkk dengan skor 2-0 dalam Liga Spanyol di Estadio Santiago Bernabeu, Kota Madrid, Spanyol, Senin (2/3/2020) dini hari WIB.

Lionel Messi dkk tak berdaya di hadapan pendukung Real Madrid. Kedua tim menyelesaikan babak pertama tanpa gol meski mendapatkan sejumlah peluang. Tapi babak kedua menjadi petaka bagi Barcelona. Karena Real Madrid mencetak dua gol melalui Vinicius Junior 71 dan Mariano Diaz menit 90+2.

(Baca juga: Valentino Rossi Keluhkan Ban, Ini Solusi Tim Yamaha)

Kekalahan itu membuat posisi Pelatih Barcelona Quique Setien. Barcelona mengumumkan Quique Setien sebagai pelatih baru menggantikan Ernesto Valverde melalui situs resminya pada Selasa (14/1/2020) pagi WIB.

Akibat dipermalukan oleh Real Madrid dalam pertandingan krusial dan penuh makna. Status Setien sebagai pelatih Barcelona mulai diungkit. Ternyata memang Setien bukan pelatih utama yang dibidik Barcelona. Hal ini juga dibenarkan oleh calon pelatih Barcelona lainnya asal Belanda.

Karena Latih Timnas Belanda

Media Spanyol, www.marca.com mengabarkan kalau sesungguhnya Setien bukan target pertama untuk melatih Barcelona. Ternyata Setien hanya pilihan terakhir setelah coach Ronald Koeman menolak tawaran dari Barcelona. Namun, alasan penolakan Koeman bisa diterima dan cukup profesional.

Karena Koeman sedang menjadi Pelatih tim nasional Belanda sehingga menolak tawaran yang datang dari Barcelona. Barcelona memang mengontak sejumlah pelatih untuk menggantikan juru taktik mereka terdahulu, Ernesto Valverde. Koeman masuk daftar pelatih yang dikontak oleh raksasa Catalunya.

Bahkan status Koeman sebagai mantan pemain Barcelona dianggap layak menjadi pelatih karena dirinya sudah mengetahui filosofi klub. Koeman pun mengungkapkan sikapnya saat mendapat tawaran dari mantan klubnya tersebut.

(Baca Juga: 5 Insiden Panas El Clasico Antara Barcelona vs Real Madrid)

“Barcelona memang sempat mengontak saya beberapa minggu yang lalu. Saya menolak tawaran tersebut karena masih melatih timnas Belanda,” ujar Koeman.

Dijelaskan Koeman, tidak etis rasanya jika ia menerima tawaran dari klub lain saat masih terikat kontrak dengan timnas Belanda. Barcelona akhirnya menunjuk Quique Setien sebagai pelatih baru mereka.

Koeman sendiri masih memiliki kontrak dengan timnas Belanda hingga 2022. Tahun lalu, Koeman berhasil mengantar timnas Belanda menjadi runner-up UEFA Nations League.

Kini Setien memang berada dalam tekanan setelah dikalahkan Real Madrid. Kekalahan ini bukan hanya mempermalukan Barcelona. Tapi tim Catalan itu harus merelakan posisi puncak diambil alih Real Madrid.

(Baca juga: Cristiano Ronaldo Pulang Kampung Demi Mama Tercinta)

Tugas berat Setien selanjutnya adalah mengembalikan kepercayaan penuh punggawa Barcelona dan fans. Caranya kemenangan demi kemenangan di Liga Spanyol hingga Liga Champions.

Gelar domestik dan Eropa itu menjadi syarat mutlak bila Setien ingin bertahan di Estadio Camp Nou. Tapi bila Barcelona rontok lagi, maka kursi Setien pun akan patah dan harus siap-siap angkat koper.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here