Jadwal terbaru MotoGP 2020 (Twitter @MotoGP)
Jadwal terbaru MotoGP 2020 (Twitter @MotoGP)

JAWASPORT.COM – Wabah virus corona sempat menganggu jadwal pelaksanaan MotoGP 2020. Virus corona yang ditemukan di Wuhan, China dengan cepat menyebar ke berbagai negara hingga Indonesia. Bahkan negara-negara yang menjadi tuan rumah balapan MotoGP juga melaporkan positif wabah corona.

Kondisi ini menganggu pelaksaan balapan MotoGP 2020, terutama negara Qatar yang menjadi pelaksanaan seri pertama. Dorna sebagai otoritas pelaksana MotoGP juga kewalahan akibat virus corona. Karena negara-negara yang menjadi tuan rumah khawatir datangnya berbagai penggemar MotoGP dari berbagai negara memperparah penyebaran virus corona.

Kerumunan orang membuat wabah corona makin cepat menyebar dari satu orang ke banyak orang lain. Ini menjadi kekhawatiran yang cukup mendalam bagi para pihak terutama negara yang menjadi tuan rumah. Tentu negara tuan rumah tak mau mengambil resiko demi balapan MotoGP justru menambah parah penyebaran coronan.

Tapi pihak Dorna meski sempat membatalkan jadwal yang sudah dirilis akibat tidak ada izin keramaian dari segara setempat. Melansir www.crash.net, pihak Dorna telah merilis jadwal terbaru dari kalender MotoGP 2020 sebagai imbas dari wabah virus corona (COVID-19).

(BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Pulang Kampung Demi Mama Tercinta)

Meski pun sebelumnya, seri balap pertama MotoGP 2020, GP Qatar, 6-8 Maret dibatalkan terkait pembatasan perjalanan yang diterapkan Qatar dari Italia. Pembatalan ini memengaruhi seri balap kedua kelas premier GP Thailand yang ditunda pelaksanaannya menjadi 2-4 Oktober.

Para pembalap MotoGP dijadwalkan mulai menjalani balapan pada seri balap ketiga di Austin, Texas, Amerika Serikat pada, 3-5 April mendatang. Seri balap GP Aragon, Spanyol akan dimajukan pada 25-27 September atau satu pekan sebelum seri balap GP Jepang, GP Australia, dan GP Malaysia.

Perubahan ini membuat kelas MotoGP akan digelar dalam 19 seri balap dari 20 seri balap yang direncanakan sebelumnya oleh Dorna. Meskipun kalender baru sudah dirilis, pelaksanaan balapan tetap tergantung kepada pembatasan perjalanan dari pemerintah Qatar atau pembatasan jumlah personel di area publik oleh otoritas pemerintah Thailand.

Hanya Moto2 dan Moto3

Pekan ini, Sirkuit Internasional Losail, Qatar hanya akan menggelar balapan kelas Moto3 dan Moto2 karena pembalap dan tim sudah berada di Qatar untuk tes pramusim pada 28 Februari – 1 Maret.

“Italia jelas memainkan peran vital dalam kejuaraan di kelas MotoGP, baik di dalam maupun di luar lintasan. Keputusan telah diambil untuk membatalkan kompetisi kelas premier di Qatar,” tulis pernyataan Dorna.

Ada laporan bahwa Qatar masih berharap menjadi tuan rumah acara khusus MotoGP pada akhir tahun ini. Namun, skenario itu tidak termasuk dalam kalender balap musim 2020. Bisa jadi MotoGP Qatar masih ada waktu digelar pada November setelah MotoGP Valencia di Ricardo Tormo 15 November 2020.

(BACA JUGA: Ambisi Pembalap Valentino Rossi di Usia 40 Tahun)

Hanya saja, jadwal terbaru ini pun tak ada jaminan bergeser, ditunda atau dibatalkan. Bisa jadi kalau negara tuan rumah MotoGP diserang virus corona makin parah jelang balapan, akan berimbas juga kepada pembatalan. Tapi jadwal yang sudah ada ini diharapkan tidak batal lagi.

Kalau jadwal ini berjalan seperti yang diharapkan. Maka balapan MotoGP Qatar yang dijadwalkan seri pertama bisa ditunda setelah MotoGP Valencia. Jadi, MotoGP WQatar hanya balapan Moto2 dan Moto3 alias tak ada Marc Marquez, Valentino Rossi dan pembalap andalan lainnya.

Karena pecinta balapan MotoGP lebih menarik untuk menyaksikan adu cepat Marquez, Rossi pembalap MotoGP lainnya. Jadi harus bersabar balapan seri kedua yang digelar di Amerika Serikat pada 5 April 2020. Tapi seri balapan selanjutnya tergantung perkembangan wabah corona di dunia ini.

(BACA JUGA: Jadwal Liga Inggris Pekan 29, Ada Derby Manchester)

Ini jadwal baru MotoGP 2020:

  • 8 Maret: GP Qatar (hanya balapan Moto2 dan Moto3), Losail International Circuit
  • 5 April: GP Amerika Serikat, Circuit of the Americas
  • 19 April: GP Argentina, Termas de Rio Hondo
  • 3 Mei: GP Jerez, Circuito de Jerez – Ángel Nieto
  • 17 Mei: GP Prancis, Circuit Le Mans
  • 31 Mei: GP Italia, Autodromo del Mugello
  • 7 Juni: GP Catalunya, Barcelona – Catalunya
  • 21 Juni: GP Jerman, Sachsenring
  • 28 Juni: GP Belanda, TT Circuit Assen
  • 12 Juli: GP Finlandia, KymiRing09 Agustus: GP Ceko, Automotodrom Brno
  • 16 Agustus: GP Austria, Red Bull Ring-Spielberg
  • 30 Agustus: GP Inggris, Silverstone
  • 13 September: GP San Marino, Misano World Circuit Marco Simoncelli
  • 27 September: GP Aragón, MotorLand Aragón
  • 4 Oktober: GP Thailand, Chang International Circuit
  • 18 Oktober: GP Jepang, Twin Ring Motegi
  • 25 October: GP Australia, Phillip Island
  • 1 November: GP Malaysia, Sepang International Circuit
  • 15 November: GP Valencia, Ricardo Tormo

(BACA JUGA: Marc Marquez Sindir Valentino Rossi di MotoGP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here