JAWASPORT.COM – Pertarungan sengit di Eropa untuk sementara sudah terjadi. 12 klub sudah aman dengan menguasai tiket ke babak 16 besar Liga Champions 2018-2018. Tim Spanyol dan Jerman untuk sementara masih jadi penguasa babak 16 besar.

Masih ada jatah 4 tiket lagi yang sudah diperebutkan tim dalam pertarungan paling menentukan. Tentu saja tiap tim yang ingin mendapatkan tiket tersebut tak mau lengah dulu dan siap bertempur habis-habisan.

Semua klub di Liga wilayah Eropa bersaing ketat tiap musim untuk bisa merebut tiket lolos ke Liga Champions. Karena keberhasilan tampil di Liga Champions membuat status klub naik lebih tinggi dari rivalnya di liga domestik.

Tapi tak ada jaminan liga paling populer di Eropa bisa mengirim tim lebih banyak ke babak 16 besar, babak delapan besar atau seterusnya. Bisa saja satu persatu bertumbangan di babak penyisihan dan babak delapan besar. Dari persaingan ketat akan terlihat wakil dari liga mana di eropa yang banyak timnya bertahan.

Seperti dilansir dari www.uefa.com (29/11/2018), ada 12 tim yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2018-2019. Dari jumlah tersebut tercatat wakil dari Liga Spanyol dan Liga Jerman yang paling banyak lolos masing-masing tiga klub.

Wakil La Liga Spanyol tercatat Atletico Madrid di Grup A, Barcelona di Grup B, dan Real Madrid di Grup G. Sedangkan wakil Bundesliga ada Borussia Dortmund dari Grup A, Schalke 04 dari Grup D, dan Muenchen dari Grup E.

Selanjutnya wakil Liga Inggris dan Liga Italia masing-masing berhasil mengirim dua tim ke babak 16 besar. Untuk Premier League duo Manchester, yaitu Manchester City dari Grup F dan Manchester United dari Grup H. Sedangkan wakil Serie A Italia yang sudah lolos AS Roma di Grup G dan Juventus di Grup H.

Kemudian dua tim lain berada di liga berbeda di Eropa. Masing-masing FC Porto dari Liga Portugal dan Ajax Amsterdam dari Liga Belanda. Masih ada jatah empat tiket lagi yang diperebutkan untuk melengkapi kuota 16 tim. Ini akan cukup menarik untuk dilihat siapa yang berpeluang merebut jatah empat tiket tersebut dalam duel selanjutnya.

Dalam duel matchday kelima babak penyisihan grup Liga Champions ada empat tim yang lolos pada Kamis (29/11/2018) dini hari WIB. Atletico Madrid menjadi tim pertama yang melaju ke babak 16 besar. Karena Atletico bermain lebih dulu tepatnya pada Kamis pukul 00.55 WIB.

Keberhasilan tim besutan Diego Simeone lolos ke babak 16 besar setelah menggilas AS Monaco dengan skor 2-0 dalam laga kelima Grup A di Stadion Wanda Metropolitano. Gol kemenangan Atletico Madrid dicetak oleh Koke pada menit ke-2 dan Antoine Griezmann pada menit 24′.

Tambahan tiga poin ini membuat tim ibu kota Madrid ini berada puncak klasemen Grup A dengan 12 poin. Tapi Atletico masih harus bersaing dengan Borussia Dortmund untuk memperebutkan status juara grup.

Sedangkan Dortmund juga telah memastikan diri melenggang ke babak 16 besar setelah bermain seri 0-0 dengan Club Brugge. Hasil tersebut membuat Dortmund sudah mengemas 10 poin. Sedangkan momen unik terjadi pada Grup D. FC Porto sukses mengalahkan Schalke 04 dengan skor 3-1. Menariknya mereka sama-sama lolos ke babak 16 besar.

Wakil Liga Spanyol, Porto mendulang 13 poin dan Schalke mengoleksi 8 poin. Keberhasilan Schalke mengikuti jejak Porto tak lepas dari kekalahan 0-2 Galatasaray di tangan Lokomotiv Moskva. Galatasaray (4 poin) dan Lokomotiv Moskva (3) masih ada kans untuk berebut tiket ke Liga Europa. Ini merupakan keuntungan bagi kedua tim untuk bisa merasakan babak 16 besar.

12 tim yang melaju ke babak 16 besar Liga Champions 2018-2019:

Grup A: Atletico Madrid, Borussia Dortmund
Grup B: FC Barcelona
Grup D: FC Porto, Schalke 04
Grup E: Bayern Muenchen, Ajax Amsterdam
Grup F: Manchester City
Grup G: Real Madrid, AS Roma
Grup H: Juventus, Manchester United

Source photo: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here