Ronaldinho dan trofi Liga Champions saat berseragam Barcelona (AFP PHOTO/ODD ANDERSEN)

JAWASPORT.COM – Beban berat harus dipikul tim tamu Manchester United. Karena lawan yang harus dihadapi adalah Barcelona. Sudah menjadi rahasia umum bila Barcelona salah satu favorit juara Liga Champions musim ini. Makanya mereka lebih dijagokan untuk lolos ketimbang Manchester United.

Kedua tim akan bertarung dalam duel sengit di Estadio Camp Nou, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. Kedua tim bertarung dalam lanjutan leg kedua perempat final Liga Champions.

(BACA JUGA РDua Pemain Manchester United Ini Layak Didepak) 




The Red Devils datang ke markas Barcelona dengan agregat kekalahan 1-0 di leg pertama. Skor ini tentu saja sangat menguntung tuan rumah yang tampil di hadapan pendukungnya. Mereka bak pemain ke-12 yang bakal mengganggu pemain Setan Merah.

Apalagi, markas Barcelona tergolong angker bagi lawan-lawannya. Ini menjadi ujian berat bagi pasukan asuhan Ole Gunnar Solskjaer yang berambisi merebut tiket lolos. Mereka ingin mengulang keberhasilan ketika menyingkirkan PSG di babak 16 besar. Saat itu MU takluk 2-0 di Old Trafford, dan leg kedua membalas membungkam tuan rumah PSG, 1-3. MU lolos dengan agregat gol tandang.

Kini Setan Merah ingin mengulang lagi di markas Barcelona. Syaratnya Romelu Lukaku dkk wajib menang 2-0 untuk bisa mendapatkan tiket semifinal. Tentu ini bukan pekara mudah menghadapi klub sekelas Barcelona. Apalagi, Lionel Messi dibawah asuhan Ernesto Valverde mencanangkan misi trible winners musim ini.

(BACA JUGA – Bernabeu Jadi Neraka Bagi Real Madrid)




Melansir www.sportskeeda.com, legenda Barcelona, Ronaldinho menyebutkan dirinya yakin Messi dkk akan mengalahkan United. Tapi untuk mendapatkan tiket lolos semua tergantung pada siapa yang mencetak gol pertama. Jika Manchester United yang mencetak gol pertama, maka membuat se-isi Camp Nou was-was bakal tersingkir.

“Tetapi jika mereka (United) dapat mencetak gol pertama maka itu akan membuat stadion gugup – dan Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi saat itu.” ujar bintang asal Brasil ini.

Namun, kata Ronaldinho, bila Barcelona yang duluan mencetak gol, maka ini akan menjadi malam yang panjang bagi pemain Manchester United. Mereka pasti akan memikirkan bagaimana bisa mencetak tiga gol untuk bisa lolos. Kondisi ini justru membuat pemain Setan Merah berada dalam tekanan selama pertandingan. Hal ini bakal dieksploitasi oleh pemain Barcelona guna menambah gol dan mengunci kemanangan.

(BACA JUGA – Ini ‘Grup Neraka’ Liga Champions 2018-2019)




“Yang benar adalah bahwa Barcelona seharusnya menyelesaikan pertandingan di Manchester. Tapi dengan hanya 1-0 Manchester United masih akan percaya bahwa mereka berada di Liga Champions. Saya mengharapkan mereka untuk maju. Saya melihat mereka menang dengan nyaman di Barcelona. Itu semua akan menjadi tujuan pertama. Jika Barcelona mencetaknya maka itu akan menjadi malam yang panjang bagi Manchester United,” ujar legenda Barcelona yang pernah meraih penghargaan Ballon d’Or 2004.

Nasihat Ronaldinho ini bisa menjadi motivasi bagi pemain Manchester United untuk fokus mengejar gol pertama. Ini akan menjadi tugas berat bagi barisan lini depan sekaligus lini belakang. Karena bila para penyerang gagal mencetak gol pertama, sebaliknya lini depan gagal membendung Messi dkk mencetak gol. Maka riwayat Setan Merah hanya sampai perempat final.(*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here