Miljan Radovic, Pelatih Persib Bandung (Foto: www.persib.co.id/Derry Setiady)

JAWASPORT.COM – Klub-klub Liga 1 bukan hanya sibuk memburu pemain, tapi juga mengincar pelatih. Mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2019. Kejuaraan kasta tertinggi di republik ini dijadwalkan bergulir setelah Pemilu 17 April 2019.

Persib Bandung termasuk yang sangat serius menghadapi musim kompetisi Liga 1 musim 2019. Klub berjuluk Maung Bandung ini terus memfinalisasi persiapan tim untuk bersiang dalam perebutan gelar juara. Mereka terus memperkuat tim dengan sejumlah pilar baru dan pelatih. Untuk juru latih telah ditunjuk Miljan Radovic.

Baca: Ketika Pelatih Bima Sakti Hampir Menangis Setelah Timnas Indonesia Kalah

Pelatih asal Montenegro ini ditunjuk pada 20 Desember 2018 dan resmi diumumkan ke publik pada, Rabu (9/1/2019). Radovic menggantikan tugas dari Roberto Carlos Mario Gomez yang didepak manajemen. Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) meresmikan status Miljan Radovic untuk menangani Maung Bandung dalam laman resminya.

“Manajemen PT PBB bersama ini mengumumkan telah menjalin kesepakatan dengan Miljan Radovic. Mantan pemain berkebangsaan Montenegro tersebut kini menjabat sebagai kepala pelatih Persib untuk musim 2019,” tulis pihak Persib dalam laman resmi klub, www.persib.co.id.

Seperti diketahui sebelumnya, kedatangan Radovic pada medio November 2018 itu diproyeksi sebagai Direktur Teknik. Pria yang kini berusia 43 tahun tersebut langsung “turun tangan” memantau tim-tim binaan Diklat Persib. Saat Persib U-16 dan U-19 masing-masing merebut gelar juara kompetisi kelompok umur, ia juga sudah ambil bagian.

Manajemen Persib percaya, Radovic yang telah mengantongi lisensi kepelatihan UEFA A itu bisa membawa angin segar ke dalam timnya. Pria yang ketika masih aktif bermain menjadi salah satu andalan di lini tengah Persib itu telah memiliki pengalaman melatih di negaranya. Hal itu menjadi salah satu legitimasi pihak manajemen dalam mengambil keputusan yang terbilang cukup berani itu.

“Kami percaya, Radovic yang sukses membawa OFK Grbalj menembus final Montenegro Cup 2017 itu adalah pilihan tepat untuk saat ini. Dan bersamanya, kami berharap Persib mampu untuk berprestasi lebih baik lagi,” tulis persib.co.id di akhir pengumumannya.

Baca: Real Madrid Terkapar di Bernabeu

Persija Dapat Ivan Kolev

Rival Persib Bandung, Persija Jakarta juga sudah memfinalkan juru latih yang diincar sebelumnya. Sebelumnya mereka mengincar dua sosok mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl dan Ivan Kolev. Ternyata pilihan jatuh kepada Ivan Kolev untuk menangani Macan Kamayoran.

Bahkan arsitek asal Bulgaria, Ivan Kolev resmi menerima tawaran dari manajemen Persija Jakarta untuk menjadi arsitek Macan Kemayoran pada musim 2019. Ivan Kolev akan tiba di Ibukota pada 12 Januari 2019 dan segera bergabung dengan Persija Jakarta. Agen Ivan Kolev, Ratna Mustika, mengatakan saat ini pelatih berusia 61 tahun itu sedang berada di Bulgaria. Ivan Kolev setuju menjadi pelatih Persija Jakarta selama satu musim.

“Ivan Kolev akan tiba pada 12 Januari 2019. Pak Gede Widiade (Direktur Utama Persija Jakarta) yang menghubungi saya untuk meminta Ivan Kolev dan Alfred Riedl. Tidak ada lagi pelatih lain yang diminta Persija Jakarta kepada saya,” kata Ratna Mustika di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (9/1/2019).

Ratna Mustika juga memberikan alasan mengapa Ivan Kolevmau menerima tawaran dari Persija Jakarta. Wanita yang berprofesi sebagai dokter ini mengatakan, Persija merupakan tim besar yang membuat Ivan Kolev tertantang membesut sang juara Liga 1 2018 tersebut. Ivan Kolev juga sempat melatih Persija Jakarta pada musim 1999-2000. Di bawah asuhan Ivan Kolev, Persija Jakarta gagal juara dan hanya menembus semifinal.

Baca: Barcelona Pimpin Klasemen, Real Madrid Makin Sulit Kejar Juara La Liga Spanyol

“Alasan Ivan Kolev menerima tawaran Persija Jakarta karena Persija Jakarta merupakan tim besar. Ia juga sudah mengenal Persija dan ia merasa tertantang karena Persija juara Liga 1 2018,” kata Ratna Mustika.

Ivan Kolev didatangkan Persija Jakarta untuk menggantikan Stefano ‘ Teco’ Cugurra. Pelatih yang akrab disapa Teco itu memutuskan hengkang dari Persija Jakarta dan besar kemungkinan bergabung dengan Madura United atau Bali United. Teco meninggalkan Persija setelah berhasil mempersembahkan gelar juara Liga 1 musim 2018.(*)

Source Photo: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here