Bek Liverpool, Virgil van Dijk (Getty Images)

JAWASPORT.COM – Lionel Messi menjadi andalan bagi Barcelona dalam berbagai kompetisi. Kecepatan dan kelincahan bintang asal Argentina ini menjadi momok mematikan bagi kiper lawan. Lini belakang kewalahan menghentikan pergerakan Messi.

Manchester United menjadi korban terakhir bagaimana bila mereka gagal menjinakkan Messi di kotak penalti. Bila aliran bola sudah sampai di kaki Messi dalam areal kotak terlarang, maka bakal sulit mencegahnya.

(BACA JUGA: Ronaldinho Bicara Laga Barcelona vs Manchester United)




Pelajaran penting ini bakal menjadi pembahasan kubu Liverpool sebelum bertolak ke Spanyol. Mereka akan menyiapkan strategi jitu untuk menghentikan pergerakan Messi. Memutus aliran bola kepadannya merupakan cara ampuh membendung Messi menjadi gol.

Bakal ada pemain belakang yang khusus memantau gerak gerik Messi supaya tak leluasa bergerak di areal kotak penalti. Baik sebelum mendapatkan bola, maupun setelah menerima umpan. Tentu saja tak cukup satu pemain untuk menjaga pergerakan Messi. Tapi satu pemain bakal mendapat tugas khusus menempel Messi sepanjang laga.

Liverpool sepertinya tak ingin bernasib seperti tetangganya Manchester United. Setelah mengklaim tiket semifinal Liga Champions, pasukan Juerge Klopp langsung fokus untuk persiapan melawan Barcelona.

Klub favorit juara ini asal Spanyol ini cukup diwaspadai dan bahkan dihindari oleh kontestan Liga Champions. Faktor Lionel Messi menjadi momok menakutkan bagi tim lain sehingga diharapkan jika jumpa Barcelona hanya di final.

Tak Liverpool kita tak bisa menghindari untuk berjumpa di semifinal Liga Champions. Tetangga sesama klub Premier League, Tottenham Hotspur mendapat lawan lebih menguntungkan, Ajax Amsterdam.

Meski Ajax tak boleh dianggap remeh setelah menyingkirkan Real Madrid di babak 16 besar (agregat 5-3) dan Juventus di babak perempat final (3-2). Hotspur lebih senang jumpa Ajax ketimbang Barcelona.

Sedangkan Liverpool pun bakal menyiapkan pemain yang bisa membuat Messi tak berkutik. Ini salah satu strategis yang bakal diterapkan The Reds saat bertandang ke markas Barcelona pada leg pertama semifinal.

(BACA JUGA: Rp 19 Triliun Untuk Belanja Pemain Liga Italia)




Melansir www.espn.com, Liverpool makin percaya diri setelah melaju hingga babak semifinal Liga Champions. Liverpool telah dianggap sebagai tim paling andal dan solid dari kontestan lain yang lolos ke semifinal.

Melawan Barcelona dengan Lionel Messi di dalamnya pada babak semifinal, akan menjadi tantangan tersendiri bagi Liverpool. Mungkin, mereka bisa mengandalkan Virgil van Dijk untuk menjadi pemain bertahan yang bisa meredam agresivitas Lionel Messi. Dengan tinggi 1,93 meter, Virgil tembok andalan Liverpool untuk menghentikan Messi supaya tak punya ruang gerak mencetak gol.

Alisson Becker juga diharapkan bisa menjadi kiper yang mampu menghentikan tembakan megabintang asal Argentina itu. Trio Sadio Mane, Roberto Firmino, Mohamed Salah bisa diandalkan sebagai senjata pamungkas Liverpool untuk menyingkirkan Barcelona pada babak semifinal.

Liverpool mempunyai segalanya dari lini belakang hingga sektor penyerangan dan permainan mereka diprediksi menyulitkan Barcelona kala bentrok untuk merebutkan tiket partai final.

Tapi kekuatan lini belakang dan depan Liverpool akan diuji kala datang ke Spanyol memulai pertempuran sengit dalam misi merebut gelar Liga Champions. Mohamed Salah dkk bakal termotivasi setelah di babak 16 besar menyingkirkan raksasa Jerman, Bayern Muenchen (agregat 3-1). Kemudian menghempas wakil Portugal, FC Porto dengan agregat 6-1.

Kini akankah mereka mampu melewati tembak raksasa Barcelona yang kuat di lini belakang dan tajam di lini depan. Tentu saja Liverpool harus belajar kembali dari kekalahan dari tim Spanyol.

Seperti diketahui, gelar juara Liga Champions gagal direbut Sadio Mane dkk setelah ditaklukan Real Madrid, 1-3 di partai final pada edisi lalu. Jika dulu gagal menghadang Cristiano Ronaldo dkk, kini bagaimana mematikan Lionel Messi dkk?.(*)

(BACA JUGA: Dua Pemain Manchester United Ini Layak Didepak)




Jadwal semifinal Liga Champions 

Leg Pertama:

-Rabu 1/5/2019: Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam (pukul 02.00 WIB)

-Kamis 2/5/2019: Barcelona vs Liverpool (pukul 02.00 WIB)

Leg kedua:

-Rabu 8/5/2019: Liverpool vs Barcelona (pukul 02.00 WIB)

-Kamis 9/5/2019: Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur (pukul 02.00 WIB)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here