Striker Barcelona, Lionel Messi raih trofi Ballon d'Or 2019. Ini trofi keenam yang diraih Messi. Striker asal Argentina ini mengalahkan Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo (FC Barcelona)
Striker Barcelona, Lionel Messi raih trofi Ballon d'Or 2019. Ini trofi keenam yang diraih Messi. Striker asal Argentina ini mengalahkan Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo (FC Barcelona)

JAWASPORT.COM – Ballon d’Or adalah penghargaan sepakbola tahunan yang diberikan kepada individu yang tampil gemilang pada musim sebelumnya. Penampilan terbaik ini yang membuat jurnalis internasional dari seluruh dunia memilih pemain yang layak mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia.

Lionel Messi terpilih menerima trofi Ballon d’Or 2019. Kali ini Lionel Messi mengalahkan Virgil van Dijk yang menempati posisi kedua dan Cristiano Ronaldo di urutan ketiga. Tambahan satu trofi ini membuat Lionel Messi mengungguli Cristiano Ronaldo. Eks pemain Real Madrid yang kini jadi pemain Juventus telah meraih lima trofi Ballon d’Or.

Sedangkan bagi Lionel Messi, ini menjadi trofi keenam setelah meraih lima kali pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015. Bintang asal Argentina ini menyabet penghargaan Ballon d’Or 2019 keenam dalam acara penganugerahan di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (2/12/2019).

(BACA JUGA – Catatan Buruk Lionel Messi di El Clasico Copa del Rey)

Suami Antonella Roccuzzo ini memperoleh Ballon d’Or 2019 melalui jajak pendapat yang dihimpun dari suara 180 jurnalis internasional di seluruh dunia. Messi mendapatkan dukungan terbanyak suara terbanyak berdasarkan hasil voting dari Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo.

Mengapa Lionel Messi layak mendapatkan trofi Ballon d’Or 2019? Ini tak terlepas dari peran individual Lionel Messi yang berdampak kepada trofi bagi Barcelona. Meskipun Lionel Messi gagal membawa Barcelona ke tangga juara Liga Champions.

Tapi peran Lionel Messi pantas diganjar penghargaan Pemain Terbaik Dunia 2019 ini setelah memimpin  Barcelona menjadi juara Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol 2018-2019. Bukti dari dua gelar tersebut adalah tampilnya Lionel Messi sebagai top scorer Liga Spanyol dan Liga Champions. Ketajaman individu membuat pemain berusia 32 tahun ini berbeda dengan pemain lain yang membawa timnya juara Liga Champions.

(BACA JUGA – Ini Daftar Pemain Terbaik Tim Liga Champions 2018-2019)

Atas dedikasi Lionel Messi yang mencetak banyak gol di Benua Biru membuat dirinya menyabet Sepatu Emas Eropa. Trofi Ballon d’Or ini melengkapi pengakuan untuk Lionel Messi setelah sebelumnya meraih penghargaan The Best FIFA Men’s Player 2019 atau Pemain Terbaik versi FIFA.

Di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, selain gelar untuk Pemain Terbaik Pria 2019. Ada juga anugerah Ballon d’Or Feminin untuk Pemain Terbaik Wanita, Kopa Trophy untuk pemain di bawah 21 tahun, serta Yashin Trophy untuk apresiasi kiper terbaik.

Untuk Ballon d’Or Feminin jatuh kepada Megan Rapinoe (Reign FC, AS), Kopa Trophy diberikan untuk Matthijs de Ligt (Ajax/Juventus, Belanda), sedangkan Yashin Trophy menjadi milik Alisson Becker (Liverpool, Brasil).

(BACA JUGA – Melihat Peluang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Rebut Ballon d’Or 2019)

Pemenang Ballon d’Or dalam 10 tahun terakhir:

  1. 2009 – Lionel Messi (Argentina, Barcelona)
  2. 2010 – Lionel Messi (Argentina, Barcelona)
  3. 2011 – Lionel Messi (Argentina, Barcelona)
  4. 2012 – Lionel Messi (Argentina, Barcelona)
  5. 2013 – Cristiano Ronaldo (Portugal, Real Madrid)
  6. 2014 – Cristiano Ronaldo (Portugal, Real Madrid)
  7. 2015 – Lionel Messi (Argentina, Barcelona)
  8. 2016 – Cristiano Ronaldo (Portugal, Real Madrid)
  9. 2017 – Cristiano Ronaldo (Portugal, Real Madrid)
  10. 2018 – Luka Modric (Kroasia, Real Madrid)
  11. 2019 – Lionel Messi (Argentina, Barcelona)





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here