Mobil Formula E - Formula E di Monas, Jakarta resmi ditunda akibat virus corona. (www.fiaformulae.com)
Mobil Formula E - Formula E di Monas, Jakarta resmi ditunda akibat virus corona. (www.fiaformulae.com)

JAWASPORT.COM – Virus corona makin berdampak luar ke berbagai bidang. Berbagai even internasional yang bisa menyedot penonton yang banyak harus ditunda. Termasuk pelaksanakan Formula E di Jakarta juga resmi ditunda.

Ternyata dampak virus corona bukan hanya penundaan Formula E di Indonesia. Tapi negara-negara lain juga menunda pelaksanaan even berskala internasional itu. Misalnya Formula E di Roma, Italia dan Sanya, China sudah lebih dahulu ditunda karena meluaskan virus Corona.

(BACA JUGA: Kapan Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, Begini Komentar Marquez)

Bahkan di Italia resmi dibatalkan. Seri balap Formula E di Roma seharusnya dilangsungkan pada 4 April mendatang. Adapun untuk seri balap E-Prix Sanya resmi dibatalkan yang seharusnya terselenggara pada 21 Maret. Sepertinya panitia lokal tak ingin mengambil resiko dengan meluasnya dan cepatnya penyebaran virus corona.

Anies Tunda Formula E

Melansir www.kompas.com, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi mengeluarkan surat pemberitahuan penundaan gelaran Formula E. Formula E sebelumnya dijadwalkan pada 6 Juni 2020 di Jakarta. Surat Pemberitahuan dengan Nomor 117/-1/857.73 yang ditandatangi oleh Anies Baswedan mengeluarkan himbauan untuk menunda Formula E.

Surat tersebut ditunjukkan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix yang diberi keterangan Penundaan Formula E. Adapun isi suratnya adalah “Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya”.

(BACA JUGA – Tim Frustasi di Leg Kedua Babak 16 Besar Liga Champions)

Balapan ramah lingkungan itu awalnya direncanakan digelar lima tahun berturut-turut dari 2020 sampai 2024. Rute balapan Formula E 2020 akan melintasi area di dalam kawasan Monas dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Melibatkan Monas sebagai lokasi penyelenggaraan Formula E lantaran merupakan ikon Jakarta dan Indonesia. Lintasan balap untuk Fomula E akan sepanjang 2,6 kilometer yang nantinya akan dilapisi aspal memenuhi standar grade 3 sesuai keputusan Federasi Otomotif International (FIA).(*)

(BACA JUGA: Jadwal Terbaru MotoGP 2020, Waspada Virus Corona)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here