Trofi Liga Champions - Hasil leg pertama dan jadwal leg kedua babak 16 besar liga champions 2019-2020
Trofi Liga Champions - Hasil leg pertama dan jadwal leg kedua babak 16 besar liga champions 2019-2020

JAWASPORT.COM – Klub-klub terbaik di Eropa berhasil merebut tiket 16 besar Liga Champions 2019-2020. Tim-tim dari Liga Inggris dan Liga Spanyol mendominasi babak 16 besar Liga Champions. Akankah trofi Liga Champions kali ini akan menuju Inggris atau Spanyol?

Dalam perebutan tiket 16 besar Liga Champions, Grup A: Paris Saint-Germain juara grup dan Real Madrid menjadi runner up. Grup B: Bayern Muenchen, Tottenham Hotspur, Grup C: Manchester City, Atalanta, Grup D: Juventus, Atletico Madrid, Grup E: Liverpool, Napoli, Grup F: Barcelona, Borussia Dortmund, Grup G: RB Leipzig, Olympique Lyon dan Grup H: Valencia, Chelsea.

Dari 16 klub penghuni babak 16 besar Liga Champions, Inggris dan Spanyol masing-masing menempatkan 4 wakilnya. Disusul Jerman meloloskan tiga wakilnya. Sedangkan Italia dan Prancis masing-masing diwakili oleh dua klub.

Klub Inggris: Tottenham Hotspur, Manchester City, Liverpool dan Chelsea. Klub Spanyol: Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, Valencia. Klub Jerman: Bayern Muenchen, Borussia Dormund, RB Leipzig. Klub Liga Italia: Juventus, Atalanta, Napoli. Klub Liga Prancis: Paris Saint-Germain (PSG), Olympique Lyon.

Seperti diketahui, juara Liga Champions 2018-2019 diraih oleh Liverpool dari Liga Inggris. Bahkan dalam partai final, besutan Juerge Klopp melawan sesama klub Inggris, Tottenham Hotspur. Liverpool meraih trofi Liga Champions ke-6 pada Minggu (2/6/2019) dini hari WIB di Stadion Wanda Metropolitano, markas Atletico Madrid, Spanyol.

Duel all English Final kontra Tottenham Hotspur, Liverpool memastikan juara lewa kemenangan, 2-0. Gol Liverpool dicetak oleh Mohamed Salah dan Divock Origi. Ini trofi keenam bagi Liverpool yang cukup lama menantikannya. Lima trofi sebelumnya diraih pada 1976-1977, 1977-1978, 1980-1981, 1983-1984, dan 2004-2005.

Sebagai juara bertahan, akankah Liverpool bisa melepas kutukan juara bertahan tidak bisa juara seperti yang telah dilakukan Real Madrid. Tentu saja perjalanan Liverpool masih panjang untuk mengulang prestasinya. Mereka harus melewati tim kuat di babak 16 besar, babak delapan besar, semifinal dan tentu saja di final. Ada empat tangga lagi yang menantang Liverpool untuk kembali juara. Tentu tidak mudah.

Sedangkan jadwal drawing babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 akan digelar pada Senin (16/12/2019) pukul 12.00 CET atau 18.00 WIB. Dalam aturan undian 16 besar Liga Champions, juara grup selama babak penyisihan akan diadu dengan runner-up grup lain. Syaratnya, kedua tim tidak berasal dari kompetisi yang sama. Aturan ini membuat opsi-opsi drawing yang awalnya terbatas, semakin menyempit.

Peluang terjadi big match di fase ini terbuka lebar karena ada Real Madrid, Atletico, Borussia Dortmund, hingga Chelsea yang finis runner-up di penyisihan grup. Semoga saja, tim-tim yang dijagokan juara tidak angkat koper lebih cepat. Karena bakal tidak menarik lagi babak selanjutnya di Liga Champions.(*)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here