Philippe Coutinho ke Bayern Muenchen (Twitter/FCBayern)

“Tidak pernah mudah untuk mendapatkan posisi jika Anda di tim di mana Lionel Messi terus-menerus mengambil semua kesempatan dan tanggung jawab…”

JAWASPORT.COM – Nama Lionel Messi kembali diseret dalam persoalan peminjaman Philippe Coutinho ke klub Jerman, Bayern Muenchen. Messi dituding sebagai penyebab dari harus perginya pemain timnas Brasil itu ke Liga Jerman.

Tudingan itu datang langsung dari legenda Barcelona, Rivaldo. Legenda asal Brasil itu sangat kecewa dengan kepindahan Coutinho ke Liga Jerman. Ini semua tak lain akibat dari Lionel Messi yang masih mendominasi di Barcelona.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Lionel Messi sangat berpengaruh di Barcelona. Sebagai bintang utama, Lionel Messi bahkan bisa ikut campur dalam transfer pemain Barcelona. Cengkeraman bintang asal Argentina itu bahkan bisa mempengaruhi manajemen klub untuk membuang pemain tertentu.

(BACA JUGA – Valentino Rossi Minta Maaf atas Hasil Balapan MotoGP 2018)



Philippe Coutinho yang dibeli dari Liverpool tak bertahan lama di Barcelona. Setelah diisukan akan dijual, kini kepastiannya adalah dibuang ke klub Jerman Bayern Muenchen dengan status pinjaman. Kepindahan Coutinho ini disinyalir ada campur tangan Lionel Messi.

Tudingan itu dilantarkan langsung Legenda Barcelona, Rivaldo yang juga mantan pemain timnas Brasil. Dia menuduh Lionel Messi bertanggung jawab ada peminjaman Coutinho ke Muenchen. Bahkan peraih Ballon d’Or 1999 itu menyebutkan dominasi Messi yang sulit untuk dicegah dalam beberapa tahun lagi.

“Saya selalu yakin bahwa Coutinho memiliki kemampuan untuk sukses di Barcelona, tetapi hal itu butuh banyak waktu dan kini ia telah pindah ke Muenchen. Saya sedikit kecewa dengan kegagalannya menembus skuat utama, tapi itu pilihannya untuk pindah karena ia tidak bahagia dan tidak percaya diri,” kata Rivaldo dilansir dari www.betfair.com.

(BACA JUGA – Catatan Buruk Lionel Messi di El Clasico Copa del Rey)



“Tidak pernah mudah untuk mendapatkan posisi jika Anda di tim di mana Lionel Messi terus-menerus mengambil semua kesempatan dan tanggung jawab. Tidak banyak pemain yang mampu mengatasi situasi itu dan mungkin Coutinho tidak memiliki cukup kesabaran untuk mendapatkan tempat utama di tim,” ujar Rivaldo lagi.

“Bintang Argentina itu (Lionel Messi) pemimpin tim dan akan terus bermain di level terbaiknya selama tiga atau empat tahun lagi sehingga sulit untuk melihat pemain lain bersinar dalam performa terbaik mereka di Barcelona,” kata Rivaldo.

Rivaldo memang menyesalkan kepindahan Coutinho ke Bayern Muenchen meski berstatus pinjaman pada musim panas ini dan memahami hal tersebut. Coutinho resmi berlabuh ke Bayern Muenchen pada musim panas ini dengan status pinjaman.

(BACA JUGA – Deretan Pemain Bintang barcelona yang cedera) 



Barcelona dan Bayern Muenchen telah saling sepakat mengenai kepindahan Philippe Coutinho. Kubu El Barca mengirim Coutinho ke Bayern Muenchen dengan durasi selama satu musim penuh. Meski berstatus pinjaman, playmaker asal Brasil tersebut statusnya dapat dipermanenkan pada akhir masa peminjaman oleh Die Roten.

Pihak Muenchen dapat menebus 120 juta euro (sekitar Rp 1,89 triliun) untuk mempermanenkan status Coutinho. Seperti diketahui, Coutinho didatangkan Barcelona dari Liverpool pada Januari 2018 senilai (sekitar Rp 2,52 triliun).

Pembelian mahal tersebut tidak sebanding dengan kualitas pemain 27 tahun itu selama 1,5 musim. Pemain asal Brasil itu hanya sanggup mengemas 21 gol dari 75 penampilan di semua ajang kompetitif bareng juara Liga Spanyol musim 2018-2019 itu.(*)

Source Photo: 1


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here