Pembalap Andrea Dovizioso (Foto: Motorsport.com)

JAWASPORT.COM – Ketika penonton dari berbagai belahan dunia menikmati aksi spektakuler Pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez hingga akhir balapan. Pecinta MotoGP sangat bahagia atas adegan menakjubkan itu pada seri pertama balapan di MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019) malam waktu setempat.

Ini penampilan yang sangat mendebarkan dan menarik untuk disaksikan walaupun berulang. Dari pada hanya seorang diri pembalap menyentuh finis. Dovi dan Marquez layak diacungi jempol atas kenekatannya dalam memperebutkan posisi terdepan hingga akhir balapan.

(BACA JUGA: Ini Ambisi Valentino Rossi di Usia 40 Tahun)





Memulai balapan di posisi kedua membuat Andrea Dovizioso mampu menjuarai MotoGP Qatar 2019. Pembalap Mission Winnow Ducati ini pun berhasil meraih 25 poin perdana. Ini modal penting baginya untuk menggusur dominasi Marquez hingga akhir seri balapan.

Posisi kedua ditempati pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang berada di peringkat kedua dengan raihan 20 poin. Pembalap asal Spanyol ini memulai balapan di posisi ketiga. Sedangkan posisi ketiga ditempati pembalap tim LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow. Ia memulai balapan di posisi keenam dan berhak mendapatkan 16 poin setelah mengakhiri balapan di posisi ketiga.

Namun, kesuksesan balapan seri perdana ini diwarnai pro-kontra yang oleh sebagian pihak menilai ada unsur kecurangan yang melibatkan Dovizioso. Dilansir www.motorsport.com, tim Ducati akan menghadapi investigasi menyusul kemenangan Dovizioso. Pihak race direction akan melakukan investigasi terkait winglet belakang yang dipakai pada motor Ducati Desmosedici.

(BACA JUGA: Pembalap Dani Pedrosa Umumkan Pensiun dari MotoGP, Ternyata Ini Alasannya)





Ducati memperkenalkan winglet baru musim ini yang diposisikan tepat di depan ban belakang untuk pengangkat sebuah “tirai”. Winglet tersebut diduga menjadi perangkat yang digunakan tim Ducati untuk mendinginkan ban belakang.

Kabar investigasi ini muncul setelah keempat rival Ducati yaitu Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM memberikan komplain kepada race direction tentang diperbolehkannya winglet tersebut. Maka dari itu, Ducati saat ini sudah diminta pihak delegasi teknis MotoGP untuk menyerahkan bagian dari aerodinamika motor tersebut untuk diperiksa.

Hal tersebut berguna untuk menentukan apakah Ducati sudah mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh MotoGP. Jika ini menjadi masalah serius dan dianggap suatu pelanggaran, bisa saja berimbas dengan dianulirnya gelar yang diraih Dovizioso. Berarti ini sebuah skandal yang layak untuk dihukum, karena merugikan pembalap lain. Tapi hal ini tergantung bagaimana hasil dari investigasi hingga diambil keputusan bila melanggar atau tidak. Karena pihak race direction tidak akan berkompromi atas setiap pelanggaran dalam balapan.(*)

(BACA JUGA: Marquez, Vinales dan Lorenzo Ikut Berduka Atas Korban Teror Bom di Surabaya)





klasemen sementara pembalap MotoGP 2019 setelah sesi balapan MotoGP Qatar 2019 seperti dilansir www.motogp.com.

Pos_Rider_Tim_Poin

1 Andrea DOVIZIOSO/Mission Winnow Ducati (25)
2 Marc MARQUEZ/Repsol Honda (20)
3 Cal CRUTCHLOW/LCR Honda (16)
4 Alex RINS/Suzuki Ecstar (13)
5 Valentino ROSSI/Monster Energy Yamaha (11)
6 Danilo PETRUCCI/ Mission Winnow Ducati (10)
7 Maverick VIÑALES/ Monster Energy Yamaha (9)
8 Joan MIR/Suzuki Ecstar (8)
9 Takaaki NAKAGAMI/LCR Honda (7)
10 Aleix ESPARGARO/Aprilia Gresini Racing (6)
11 Franco MORBIDELLI/Petronas Yamaha SRT (5)
12 Pol ESPARGARO/Red Bull KTM Factory Racing (4)
13 Jorge LORENZO/Repsol Honda (3)
14 Andrea IANNONE/Aprilia Gresini Racing (2)
15 Johann ZARCO/Red Bull KTM Factory Racing (1)
16 Fabio QUARTARARO/Petronas Yamaha SRT
17 Miguel OLIVEIRA/Red Bull KTM Tech3
18 Karel ABRAHAM/Reale Avintia Racing
19 Tito RABAT/Reale Avintia Racing
20 Hafizh SYAHRIN/Red Bull KTM Tech3
21 Bradley SMITH/Aprilia Factory Racing
22 Jack MILLER/Alma Pramac Racing
23 Francesco BAGNAIA/Alma Pramac Racing

Source Photo: 1



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here