Pembalap MotoGP, Marc Marquez dan Valentino Rossi
Pembalap MotoGP, Marc Marquez dan Valentino Rossi

JAWASPORT.COM – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez merupakan pemegang enam gelar juara dunia MotoGP. Enam gelar ini diraih Marquez pada 2013, 2014 dan dilanjutkan pada 2016, 2017,2018 dan 2019.

Jumlah ini hampir mendekati pembalap Valntino Rossi yang telah meraih 8 gelar juara dunia MotoGP. Rossi sudah meraih 8 kali juara dunia MotoGP pada tahun 2001, 2002, 2003, 2004, 2005 dan dilanjutkan 2008 dan 2009.

Baca juga: Ini Ambisi Pembalap Valentino Rossi di Usia 40 Tahun

Tapi pembalap Marquez sudah memberi sinyal kapan mau pensiun dari MotoGP. Karena pembalap berjuluk Baby Alien ini dengan tegas menyatakan akan mundur dari MotoGP ketika tidak mmapu meraih gelar juara dunia MotoGP.

Komentar ini seolah menyindir Rossi yang tak lagi meraih gelar juara dunia sejak terakhir meraihnya pada 2009. Hingga 2019, pembalap asal Italia ini belum menyatakan pensiun dari MotoGP.

Melihat dari segi umur, Marquez masih bisa mengukir prestasi mengingat usianya menginjak 26 tahun. Artinya pembalap asal Spanyol itu masih bisa bersaing pada MotoGP selanjutnya.

Hal ini berbeda dengan Rossi yang sudah berusia 40 tahun. Hingga kini Rossi gagal menuai prestasi untuk menambah koleksi gelarnya menjadi 9 kali juara dunia MotoGP.

Melansir www.paddock-gp.com, Marquez, mulai melempar kode mengenai kapan dirinya akan memutuskan untuk gantung helm alias pensiun dari MotoGP.

MotoGP 2019 menjadi salah satu musim paling menakjubkan bagi Marc Marquez selama berkompetisi di kelas balap tertinggi.

Baca juga: Awal Tahun Memalukan Bagi Manchester United

Rider asal Spanyol itu berhasil finis di posisi podium sebanyak 18 kali, 12 di antaranya adalah podium kampiun. Dari 19 balapan yang dijalani, Marquez hanya sekali meraih kegagalan yakni saat terjatuh pada MotoGP Americas 2019 yang berlangsung di Circuit of the Americas, Texas, Amerika Serikat (AS).

Selain gelar juara keenamnya di kelas tertinggi, Marquez juga berhasil mencatatkan rekor lainnya pada musim lalu. Dia menutup musim kompetisi 2019 dengan mengumpulkan total 420 poin. Jumlah tersebut menjadikan dia sebagai pembalap MotoGP pertama yang sukses meraih lebih dari 400 poin dalam satu musim.

Setelah berhasil mempertahankan gelar juara dunia dan tampil impresif sepanjang musim lalu, Marc Marquez ternyata juga tidak bisa lepas dari pertanyaan “kapan akan pensiun?”. Menilik usia, Marquez masih terbilang muda karena baru berumur 26 tahun.

Tentu, pertanyaan itu kurang pas untuk ditujukan kepada dia, terlebih dengan performa yang terus meningkat dan dominan. Namun, di sisi lain, isu pensiun memang menjadi sesuatu yang hangat di paddock tim-tim MotoGP.

Apalagi, setelah eks rekan satu tim Marquez, Jorge Lorenzo, menyatakan pensiun pada akhir musim lalu.

Baca juga: Valentino Rossi makin sulit kejar rekor legenda MotoGP)



Menanggapi pertanyaan itu, Marc Marquez secara tegas mengatakan bahwa dia baru akan pensiun andai sudah tidak ada lagi kans atau kesempatan untuk merebut gelar juara dunia.

“Saya akan selalu bertarung untuk merebut gelar juara di sepanjang musim karier balap saya. Ketika saya tidak lagi mempunyai kesempatan untuk memenangkan gelar juara dunia, maka itulah saatnya saya untuk pensiun,” kata Marquez.

Pembalap yang identik dengan nomor 93 itu pun mengaku akan selalu menargetkan gelar juara dunia selama masih berkompetisi di ajang MotoGP.

“Sepertinya tidak masuk akal bertahan di kelas MotoGP hanya untuk balapan, saya akan selalu berusaha untuk meraih kemenangan dan gelar juara dunia,” kata Marc Marquez.

Tapi apakah komentar Marquez ini untuk menyindir Rossi atau memang murni untuk dirinya. Hanya saja, komentar ini memang bisa mengarah sebuah sindiran meski Marquez tak bermaksud.

Namun, bila ini sebuah sindiran, maka Rossi harus membuktikan bahwa Marquez salah dan usia bukanlah halangan berprestasi. Rossi bisa melakukannya dengan merebut gelar juara dunia 2020, lalu memilik pensiun. Sangat elegen.(*)

Baca juga: Kapan Valentino Rossi Pensiun di MotoGP, Begini Komentar Marquez



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here