Tendangan bebas Lionel Messi (Foto: Juan Medina/Reuters)

JAWASPORT.COM – Barcelona diuntungkan punya bintang sekelas Lionel Messi. Pasukan Catalan ini selalu bersemangat bila ada Messi dalam barisan terdepan. Karena ada optimisme kemenangan bila melihat Messi dalam skuad Barcelona.

Messi seolah menjadi penyemangat bagi pemain lain dalam setiap pertandingan. Motivasi langsung bertambah begitu ada Messi di lapangan hijau. Hal ini memang terbukti bila Messi begitu mempengaruhi hasil akhir bagi kemenangan Barcelona.

(BACA JUGA: Neymar Meneteskan Air Mata Saat Ingat Lionel Messi)

Harus diakui bahwa Lionel Messi adalah Messiah (juru selamat) bagi Barcelona. Tak perlu melihat jauh-jauh untuk membenarkan argumen tersebut. Sabtu lalu  menjadi pembuktian Lionel Messi yang menyelamatkan Barcelona saat menumbangkan tuan rumah Sevilla dengan skor 1-4 dalam lanjutan La Liga.

Messi mencetak hattrick dan menyumbang satu assist dalam duel tersebut. Tiga gol tersebut membuat Messi mencetak rekor 50 hattrick sepanjang kariernya. Bintang asal Argentina itu butuh sekali lagi hattrick untuk menyamai rekor seteru abadinya Cristiano Ronaldo yang memegang 51 hattrick.

Tapi gelar Messiah kembali menjadi ujian berat bagi Lionel Messi. Kali ini lawannya adalah musuh besar Real Madrid. El Barca akan bertamu ke Estadio Camp Nou untuk melawan tuan rumah Real Madrid pada leg kedua semifinal Copa del Rey, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB. Skor 1-1 pada leg pertama di Estadio Camp Nou menjadi modal bagi kedua tim yang sama-sama berpeluang melaju ke final.

(BACA JUGA: Ronaldo dan Juventus Makin Mendominasi, Lionel Messi Diminta ke Serie A)

Hanya saja, Messi yang ganas di lapangan hijau tak terlihat di ajang el clasico Copa del Rey. Lionel Messi seperti terkena kutukan di el clasico Copa del Rey. Status Messi seperti tercabut sebagai Messiah yang justru merugikan Barcelona. Padahal peran Messi sangat dibutuhkan di hadapan musuh bebuyutannya. Tapi lagi-lagi Messi kehilangan taji sebagai bintang sekaligus juru selamat bagi Barcelona.

Catatan media terkemuka Spanyol, www.marca.com menjadi bukti bila Lionel Messi tak berdaya bagi Barcelona saat melakoni el clasico di Copa del Rey. Terbukti peraih lima gelar Ballon d’Or ini tak pernah mencetak satu gol pun setiap bertemu Real Madrid di ajang Copa del Rey. Dari tujuh pertemuan, ia hanya mencatatkan tiga assist.

Bila melihat ke belakang, pertemuan Messi dengan Madrid di fase semifinal pernah terjadi pada musim 2012-2013. Kapten timnas Argentina itu menyumbang satu assist dalam partai pertama di rumah El Real yang berujung 1-1. Giliran main di kandang sendiri, Camp Nou, ia mandek. Barcelona pun kalah 1-3. Kini Lionel Messi sedang mengakhiri kutukan itu.

(BACA JUGA: Ini Rahasia Tendangan Bebas Lionel Messi yang Patut Dicoba)

Statistik Lionel Messi vs Real Madrid di Copa del Rey:

2010-2011 (final)
Barcelona 0-1 Real Madrid (Cristiano Ronaldo 102′)

2011-2012 (perempat final)
Real Madrid 1-2 Barcelona (Cristiano Ronaldo 11′; Carles Puyol 49′, Eric Abidal 77′)

Barcelona 2-2 Real Madrid (Pedro 43′, Dani Alves 45′; Cristiano Ronaldo 68′, Karim Benzema 72′)

2012-2013 (semifinal)
Real Madrid 1-1 Barcelona (Raphael Varane 81′; Cesc Fabregas 50′)
Barcelona 1-3 Real Madrid (Jordi Alba 87′; Cristiano Ronaldo 12′, 57′, Raphael Varane 67′)

2013-2014 (final)
Barcelona 1-2 Real Madrid (Marc Bartra 68′; Angel Di Maria 10′, Gareth Bale 85′)

2018-2019 (semifinal)
Barcelona 1-1 Real Madrid (Malcom 57′; Lucas Vazquez 6′)

Source Photo: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here