Valentino Rossi
Valentino Rossi (Foto: Getty Images)

JAWASPORT.COM – Nama Valentino Rossi begitu agung di balapan MotoGP. Bahkan sampai muncul kalimat ‘No Rossi, No Party’. Begitulah pembalap berjuluk ‘The Doctor mendapat respon dari penggemarnya di seluruh dunia. Tapi Rossi sepertinya sedang sulit mengejar rekor legenda MotoGP.

Pembalap Rossi merupakan ruhnya balapan MotoGP belakang ini. Meski peluangnya naik podium makin jarang. Karena pembalap muda seperti, Marc Marquez yang makin mendominasi di atas podium hingga gelar juara dunia MotoGP.

(Baca: Valentino Rossi Minta Maaf Akibat Hasil balapan MotoGP 2018)

Ambisi Valentino Rossi mengejar rekor sebagai pembalap dengan kemenangan terbanyak makin menambah sulit. Seperti dilansir www.tuttomotoriweb.com, Kemenangan terbanyak dipegang oleh legenda MotoGP, Giacomo Agostini yang sudah 42 tahun pensiun dari dunia balap motor Grand Prix. Apalagi, satu kemenangan ditambahkan ke dalam daftar kemenangannya di ajang balap motor Grand Prix.

Selama ini Giacomo Agostini tercatat telah memenangkan 122 balapan di semua kelas (250cc, 350cc, dan 500cc). Catatan tersebut sebenarnya sudah cukup membuat Giacomo Agostini sebagai pebalap dengan catatan kemenanan terbanyak. Selain itu, Agostini juga tercatat sebagai pebalap dengan jumlah gelar juara dunia terbanyak, yakni 15 gelar juara dunia.

Adapun delapan gelar juara dunia di antaranya diperoleh di kelas premier, yakni 500cc. Tambahan satu kemenangan tersebut dikarenakan Agostini ternyata pernah meraih satu kemenangan di kelas Formula 750 pada 1977. Pada akhir karier balapnya, Agostini memang sempat tampil di Formula 750 selama tiga musim yakni 1975, 1976, dan 1977. Saat itu, Agostini menjadi pemenang pada balapan yang berlangsung di Hockenheimring, Jerman.

Sebagai informasi, FIM ternyata memasukkan Formula 750 ke dalam Kejuaraan Dunia pada tahun 1977-1979. Formula 750 awalnya dipandang bakal menggantikan kelas 500cc, sayangnya kelas tersebut berakhir pada 1979. Kini, dengan 123 kemenangan, pebalap Yamaha, Valentino Rossi, akan semakin sulit melewati torehan Agostini.

(Baca:Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Australia – Marquez Berjaya, Rossi dan Dovi tak Berdaya)

Valentino Rossi memang menjadi pebalap yang masih mungkin melewati catatan kemenangan milik sang legenda, yakni dengan 115 kemenangan. Oleh karena itu, pebalap berjulukan The Doctor itu terpaut delapan kemenangan dari Agostini. Dengan kontrak yang berakhir pada 2020 dan masalah yang menerpa Yamaha, semakin membuat Rossi sulit untuk mengejar rekor milik Agostini.

Melihat hasil balapan 2018, memang banyak pihak yakin bahwa Rossi bakal sulit mengejar rekor sang legenda. Tapi Rossi punya dua tahun untuk tampil dan memperbaiki balapannya dari pada 2018. Sekarang waktunya untuk mengejar lagi kemenangan di MotoGP 2019. Bisa jadi Rossi mampu memperbaiki penampilannya dan bisa terus mengejar rekor sang legenda hingga berhasil atau tidak.(*)

Source Photo: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here