JAWASPORT.COM – Tim-tim raksasa di Eropa sangat bersemangat dalam belanja pemain saat bursa transfer dibuka hingga ditutup. Begitu juga dengan geliat bursa transfer yang melibatkan klub di Italia. Mereka menghamburkan miliaran duit demi mendapatkan pemain yang diinginkan.

Bursa transfer yang melibatkan klub Eropa selalu menarik untuk diikuti. Kadang kejutan terjadi hingga jelang ditutupnya bursa transfer. Namun, ada yang menarik dari bursa transfer Serie A Italia atau Liga Italia musim 2018-2019.

Karena yang paling menyita perhatian publik adalah kejutan yang dilakukan Juventus. Si Nyonya Tua mengakhiri spekulasi tentang nasib megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Ketika banyak pihak meragukan Ronaldo akan pergi atau diisukan kembali ke Liga Inggris. Justru Juventus membuat langkah bersejarah dengan membawa pemain Portugal tersebut ke Liga Italia.

Seperti diketahui, Bursa transfer Liga Italia menjelang kompetisi 2018-2019 sudah resmi ditutup pada Jumat (17/8/2018) pukul 23.00 waktu setempat atau Sabtu (18/8/2018) pukul 01.00 WIB. Hanya saja, lima tim mendominasi dengan 10 pembelian termahal.

Seperti dikutip dari data www.transfermarkt.com (18/8/2018) klub-klub Liga Italia menghabiskan dana secara total Rp 19 Triliun atau 1,14 miliar euro untuk membeli pemain andalannya. Dalam catatan itu tentu saja Juventus menjadi tim paling boros.

Maklum saja untuk merekrut Ronaldo dan tujuh pemain lain saja harus mengeluarkan dana sampai 257 juta euro. Nama CR7 menjadi pemain termahal dalam bursa transfer Liga Italia musim musim panas ini. Bahkan Juve juga sangat dominan dalam daftar 10 transfer termahal.

Dari daftar 10 transfer termahal tersebut hanya 6 pemain dari liga lain, sisanya dari Liga Italia. Pemain asal Liga Spanyol mendominasi yang tercatat lima orang dan satu lagi dari Liga Jerman. Sedangkan dari Liga Inggris, Liga Prancis tak ada pemain dalam daftar 10 besar.

Lagi-lagi Juventus memimpin di daftar 10 besar dengan menenpatkan tiga pemain teratas dari 4 pemain, dimana Ronaldo berada di puncak. Sedangkan bek yang musim lalu bermain untuk Inter Milan, Joao Cancelo, menjadi nama termahal kedua dengan mahar 40,4 juta euro.

Kemudian disusul Douglas Costa menjadi nama ketiga, usai dipermanenkan Juventus dari Bayern Muenchen dengan biaya transfer 40 juta euro. Sedangkan Leonardo Bonucci yang balik ke Juventus dengan nilai transfer 35 juta euro. Ia berada di posisi keenam.

Sedangkan urutan keempat dan kelima ditempati oleh Radja Nainggolan (38 juta euro-AS Roma ke Inter Milan) dan Mattia Caldara (35 juta euro-Juventus ke AC Milan). Kemudian dalam daftar 10 pembelian termahal selain Juventus, Inter Milan, dan AC Milan, ada Napoli dan AS Roma.

Ini daftar 10 pembelian termahal Liga Italia pada bursa transfer musim panas 2018-2019.

1.Cristiano Ronaldo – Real Madrid ke Juventus – 117 juta euro
2.Joao Cancelo – Valencia ke Juventus – 40,4 juta euro
3.Douglas Costa – Bayern Muenchen ke Juventus – 40 juta euro (pinjaman dipermanenkan)
4.Radja Nainggolan – AS Roma ke Inter Milan – 38 juta euro
5.Mattia Caldara – Juventus ke AC Milan – 35 juta euro
6.Leonardo Bonucci – AC Milan ke Juventus – 35 juta euro
7.Fabian Ruiz – Real Betis ke Napoli – 30 juta euro
8.Steven N’Zonzi – Sevilla ke AS Roma – 26,6 juta euro
9.Samu Castillejo – Villarreal ke AC Milan – 25 juta euro
10.Simone Verdi – Bologna ke Napoli – 25 juta euro

Source Photo: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here