Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Foto: Getty Images)

JAWASPORT.COM – Persaingan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sudah menjadi rahasia umum. Keduanya adalah bintang paling bersinar selama 10 tahun terakhir. Masing-masing lima trofi Ballon d’Or menjadi pembuktian dominasi keduanya. Sayangnya, Ronaldo sudah pindah ke Italia dan Messi pun diharapkan menyusul.

Memang Ronaldo sempat diragukan di awal musim di Serie A Italia saat membela Juventus. Tapi kebintangan CR7 belum pudar dan tak butuh waktu lama untuk mendapatkan pengakuan dari pendukung Juventus dan publik Italia.

Kini Ronaldo sudah menemukan performanya dan menjadi pemain berbahaya bagi lawan Juventus. Bukti teranyar adalah ketika Ronaldo membawa Juventus juara musim dingin Liga Italia. Bukan hanya itu, Ronaldo juga memegang kendali sebagai topskor Serie A Italia dengan gelontoran 14 gol.

Publik Italia pun mulai melihat Ronaldo bersama Juventus bakal sulit dihentikan untuk menjadi juara di akhir kompetisi. Makanya butuh pemain bintang yang sepadan guna menghentikan keganasan CR7. Lalu siapa pemain yang layak untuk menghentikan hegemoni Ronaldo bersama Juventus?

Seperti dilansir www.calciomercato.com, mantan Timnas Italia, Fabio Cannavaro mengusulkan sosok bintang Barcelona, Lionel Messi untuk melawan kekuatan Juventus bersama Ronaldo. Kedua bintang ini sudah hampir satu dekade menjadi rival di La Liga Spanyol. Real Madrid diperkuat Ronaldo dan Barcelona mengandalkan Lionel Messi. El Clasico menjadi duel paling dinantikan saat kedua tim bertemu.

Menurut Cannavaro, kehadiran Ronaldo ke Juventus membuat Liga Italia menjadi kompetisi tak seimbang. Cannavaro pun berpendapat bahwa diperlukan Lionel Messi sebagai penawarnya. Pendapat pemain yang pernah berwara wiri di sejumlah klub, mulai Napoli, Parma, Internazionale Milan, Juventus, Real Madrid, Al-Ahli hingga kini jadi pelatih terbilang masuk akal. Karena Ronaldo dan Messi sama-sama menjadi standar kemampuan tertinggi bagi para pesepak bola pada era modern ini.

Memang sebelum ada Ronaldo, Liga Italia sebenarnya sudah terlihat berat sebelah saat melihat daftar peraih scudetto yang selalu diisi oleh Juventus dalam tujuh musim terakhir. Tapi merapatnya CR7 ke Bianconeri pun membuat kesenjangan semakin lebar. Hingga paruh musim, Juve menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan (17 menang, 2 imbang).

Efek Ronaldo pun terlihat karena punya kontribusi gol yang signifikan, yaitu terlibat dalam 50 persen gol yang diciptakan Juventus di Serie A musim ini (14 gol dan 5 assist). Napoli yang dalam beberapa musim terakhir menjadi pesaing terdekat dalam perburuan gelar juara liga pun kesulitan untuk mengimbangi laju rivalnya itu.

Menelan tiga kekalahan (14 menang, 2 imbang), Il Partenope masih tertahan di posisi kedua dengan ketertinggalan sembilan angka dari Juventus di puncak klasemen. Situasi ini mengundang perhatian mantan kapten timnas Italia, Fabio Cannavaro. Pemain kelahiran Naples itu berpendapat bahwa hanya Messi yang bisa membantu Napoli menghentikan Juventus.

“Saya pikir Napoli dan Inter Milan bisa bersaing dengan Juventusuntuk gelar scudetto. (Tetapi) pada musim panas lalu, Bianconeri memahami momennya, mereka tahu kalau memerlukan suntikan energi baru dan mendatangkan Cristiano Ronaldo. Hanya Messi yang bisa membantu Napoli untuk menghentikan Juventus,” sambung salah satu bek di dunia yang meraih gelar Ballon d’Or.” kata Cannavaro.

Sebelumnya Ronaldo juga sudah mengajak Lionel Messi untuk berkiprah di Italia. Namun, Messi mengaku betah dengan timnya sekarang. Sepertinya ajakan Ronaldo ini belum membuat Messi berminat untuk pindah ke Italia.

Saya tidak membutuhkan perubahan. Saya berada di tim terbaik dunia. Tantangan saya bersama Barcelona terus diperbarui dari tahun ke tahun. Saya tidak perlu mengubah tim atau liga untuk menentukan tujuan baru. Saya berada di rumah dan saya tidak memerlukan perubahan,” kata Messi, seperti dilansir www.marca.com.

Tapi penolakan Messi ini bukanlah jaminan mutlak bahwa bintang Argentina itu tak keluar dari Barcelona. Karena sebelumnya juga tak ada yang berani memprediksi bahwa Ronaldo akan berlabuh ke Liga Italia. Bila nantinya terwujud Messi pindah ke Italia. Maka Liga Italia kembali bergairah dan bakal lebih banyak lagi para bintang untuk membela klub Serie A.(*)

Source Photo: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here