Simon McMenemy (Foto: Goal.com/Abi Yazid)

JAWASPORT.COM – Tim Nasional (Timnas) Indonesia mendapat sorotan hebat setelah gagal di Asian Games 2018 dan Piala AFF 2018. Kegagalan pertama membuat pelatih kawakan Luis Milla pulang ke negaranya Spanyol dan tak kembali lagi. Sedangkan kegagalan kedua membuat pelatih ad interim Bima Sakti Tukiman harus meninggalkan kursi panas tersebut.

Teka teki siapa pelatih tim nasional ini terjawab sudah. Asosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menunjuk Simon McMenemy sebagai Pelatih Timnas Indonesia Ketimbang Rahmad Darmawan. Simon menggantikan Bima Sakti yang sebelumnya dipercaya menjadi pelatih timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

“Setelah melakukan rapat dengan Exco PSSI, kami memutuskan untuk memilih Simon McMenemy sebagai pelatih timnas Indonesia,” kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono kepada para wartawan,selepas menggelar rapat di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018).

Selain Simon McMenemy, PSSI juga memanggil Rahmad Darmawan yang merupakan kandidat pelatih timnas Indonesia. Simon juga sudah bertemu dengan PSSI untuk membahas program-program bila dipercaya melatih timnas Indonesia.

Tapi PSSI lebih memilih Simon untuk menangani Timnas Indonesia selama dua periode. Keputusan ini boleh jadi juga dipengaruhi oleh hasil Liga 1 musim 2019. Dimana Simon yang menangani Bhayangkara FC sukses membawa tim tersebut finis di posisi ketiga dengan koleksi 53 poin atau dibawa PSM Makassar dan Persija Jakarta sebagai juara musim ini.

Hasil negatif ditorehkan oleh Rahmad Darmawan yang harus pasrah melihat Mitra Kukar degradasi ke Liga 2 setelah finis di posisi ketiga dari bawah. Pelatih berpangkat mayor di TNI Angkatan Laut ini memang kenyang pengalaman di sepakbola. Karena ia pernah membawa Persipura dan Sriwijaya FC juara Liga Indonesia. Bahkan membawa Timnas Indonesia meraih perak di SEA Games 2011 dan 2013.

Sedangkan prestasi Simon bisa dibilang cukup membanggakan. Mantan pelatih timnas Filipina di Piala AFF 2010 itu sukses membawa Bhayangkara FC meraih gelar juara Liga 1 2017. Sebelum dipercayakan menjadi pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy juga digosipkan akan berlabuh ke Bali United.

Kini tugas Simon McMenemy bersama timnas Indonesia pada 2019 yakni hanya mengikuti pertandingan-pertandingan FIFA Matchday dan kualifikasi babak play off Piala Dunia 2022 di Qatar. Soal pengalaman pelatih juga tak perlu diragukan lagi untuk sosok pria kelahiran Skotlandia, Inggris yang kini berusia 41 tahun.

Meski pelatih asing, tapi Simon tidak asing lagi di Tanah Air. Publik mulai mengenal sosok Simon sejak menangani Mitra Kukar pada musim 2011-2012, Pelita Bandung Raya musim 2012-2013 dan terakhir Bhayangkara FC. Secara pengalaman tak perlu lagi bagi sosok Simon. Tapi publik bisa melihat apakah Simon mampu menyakinkan ekspektasi publik Indonesia selama dua musim kepercayaan yang diberikan. Mari kita doakan semoga Tim Garuda kembali berjaya dan disegani di level Asia Tenggara.(*)

Data Diri
-Nama lengkap Simon Alexander McMenemy
-Tanggal lahir 6 Desember 1977 (umur 41)
-Tempat lahir Aberdeen, Skotlandia, Inggris

Karier senior
-Tahun Tim Tampil (Gol)
-Worthing
-Haywards Heath
-Burgess Hill
-Kajaanin Haka
-University of South Alabama

Kepelatihan
-2009–2010 Worthing (Asisten Manajer)
-2010 Filipina
-2011 Dong Tam Long An
-2011 Dong Tam Long An (Direktur Teknik)
-2011–2012 Mitra Kukar
-2012-2013 Pelita Bandung Raya
-2014–2016 Loyola Meralco Sparks
-2016- Bhayangkara FC

Source Photo: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here