JAWASPORT.COM – Benarkah laga Portugal melawan Spanyol seperti duel el clasico antara Real Madrid versus Barcelona? Di mana Spanyol tampil dengan gaya tiki taka ala Barcelona. Sedangkan Portugal yang dimotori Cristiano Ronaldo bermain bak Real Madrid.

Penulis tidak heran bila gaya permainan Spanyol bakal mirip Barcelona. Tegok saja lini up pemain yang diturunkan, seperti dilansir www.marca.com (16/6/2018). Ada David De Gea; Nacho, Ramos, Pique, Jordi Alba; Buset, Koke; Isco, Silva, Iniesta, dan Diego Costa

Pemain Barcelona diisi lini belakang ada Gerard Pique, sayap kiri Jordi Alba, lini tengah dikendalikan Sergio Busquets dan Andres Iniesta. Sebenarnya ada lima pemain Barcelona di skuad Spanyol, termasuk Paco Alcacer. Hanya saja, cuma empat yang diturunkan.

Maka tak mengherankan bila gaya bermain Barcelona sangat kental sekali. Pemain lain juga mengikuti irama permainan mulai dari lini tengah yang dikendalikan Busquets dan Iniesta. Ternyata pemain lain langsung nyentel dengan gaya bola-bola pendek yang cukup merepotkan lawan.

Meski gaya permainan ini hampir rusak oleh gol perdana Cristiano Ronaldo pada menit 4, seperti dilansir Skysports.com. Meski pemberian penalti ini penuh kontroversi dan masih bisa didebatkan. Karena dalam tayangan ulang terlihat bila Ronaldo justru menjatuhkan diri. Sentuhan yang terjadi diakibatkan kaki Ronaldo sendiri menyentuh kaki pemain Spanyol.

Para pemain Spanyol yang tetap kukuh menganut gaya tiki taka akhirnya mampu bangkit. Kebangkitan ini dipimpin langsung Diego Costa lewat gol lewat usaha keras pada menit 24. Tapi wajah Real Madrid yang diwakili Ronaldo kembali membalas pada menit 44 untuk mmebuat skor menjadi 2-1.

Ternyata gaya permainan pemain Spanyol tak berubah dengan mengandalkan sentuhan dari kaki ke kaki. Costa kembali tampil brilian lewat gol di muka gawang pada menit 55 untuk membuat skor menjadi 2-2. Pemain Spanyol yang terus mengutak atik lini belakang Portugal akhirnya memimpin lewat tendangan keras Nacho pada menit 58.

Keunggulan ini memberi kesempatan bagi Spanyol untuk berusaha mengendalikan laga. Hanya saja, maestro lini tengah, Iniesta ditarik pada menit 67 dan masuk Thiago Alcantara (Bayern Munchen). Tapi gaya permainan Barcelona tak berubah mengingat Alcantara merupakan eks pemain El Barca sebelum menjadi bagian skuad Bayern Munchen.

Tapi kemenangan di depan mata akhirnya buyar oleh penampilan cemerlang pemain Real Madrid, Ronaldo pada menit 88. Lewat tendangan bebas Ronaldo yang mengarah ke sudut kanan atas membuat kiper David de Gea tak berkutik. Usaha untuk mengejar gol demi menegaskan kemenangan tak mampu dilakukan kedua tim.

Akhirnya Portugal dan Spanyol harus puas meraih satu poin dalam penampilan perdana di Grup B. Tapi kedua tim tetap diunggul lolos dari pada penghuni Grup B lainnya, Maroko dan Iran. Tapi itu bukan sebuah jaminan mutlak, karena bola bulat dan bisa saja salah satu dari kedua tim tersebut akan pulang lebih cepat. Kita nantikan meski Portugal dan Spanyol unggulan untuk lolos.

Image Source: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here