Valencia juara Copa del Rey 2019 (Twitter/valenciacf)

JAWASPORT.COM – Barcelona gagal mempertahankan gelar juara Copa del Rey musim 2018-2019. Karena Lionel Messi dkk lemah sekali dalam permainan hingga dikalahkan Valencia dengan skor 1-2 di Stadion Benito Villamarín, markas Real Betis, pada pukul 02.00 WIB.

Terbukti Barcelona mulai terlihat bakal gagal merebut gelar juara Piala Raja Spanyol itu sejak awal babak pertama. Pasukan asuhan Ernesto Valverde tertinggal 2-0 di babak pertama. Dua gol Valencia dicetak oleh Kevin Gameiro pada menit ke-21 dan Rodrigo pada 33′. Perjuangan Barcelona untuk membalas tak berhasil hingga babak pertama usai.

(BACA JUGA: Liverpool vs Barcelona, Lionel Messi Waspadai Tragedi Olimpico) 



Bermain di babak kedua, Lionel Messi dkk sudah berupaya keras untuk membalas. Bahkan Valverde merotasi sejumlah pemain untuk bisa menghancurkan pertahanan Valencia. Tapi kubu Valencia yang sadar akan keunggulannya terus memberi hingga menyulitkan pergerakan Philippe Coutinho dkk.

Tapi kegigihan pemain Barcelona baru membawa hasil pada menit 73. Lionel Messi tampil sebagai pencetak gol setelah memanfaatkan bola rebound dari hasil sundulan rekannya. Tapi gol Lionel Messi ini sedikit kontroversi alias berbau offside.

Gol ini mampu menaikkan semangat juga pemain Barcelona. Sayangnya dalam berbagai upaya untuk mencetak gol makin minim waktu hingga kesulitan menembus pertahanan kuat Valencia. Sejumlah upaya mampu dipatahkan barisan bawah Valencia hingga skor 1-2 berakhi sampau laga usai. Jatah gelar yang dijagokan untuk Barcelona pun melayang ke lemari Valencia.

(BACA JUGA: Memori Istanbul Jadi Modal Liverpool Hadapi Barcelona)



Laga kedua tim untuk memperebutkan trofi Piala Raja Spanyol berlangsung sengit. Karena sama-sama ingin membawa pulang trofi tersebut dan menambah catatan keberhasilan. Ternyata akhirnya trofi tersebut menjadi milik Valencia. Ini menjadi trofi kesembilan bagi Valencia setelah trofi Copa del Rey terakhir mereka rebut pada 2008.

Sedangkan Barcelona gagal merebut trofi ini untuk menjadi ke-32. Artinya Barcelona tertahan di angka 31 kali merebut trofi Copa del Rey. Ini tentu saja sangat disesalkan pemain Barcelona dan fans seluruh dunia. Karena gelar ini dianggap bisa menjadi pelipur lara setelah gagal di Liga Champions.

(BACA JUGA: Catatan Buruk Lionel Messi di El Clasico Copa del Rey)



Padahal sebelumnya Barcelona cukup pede untuk merebut gelar juara Copa del Rey. Karena mereka melaju ke final setelah membungkam Real Madrid. Barcelona bermain imbang 1-1 dengan Real Madrid pada leg pertama. Tapi Lionel Messi dkk menghancurkan Real Madrid 3-0 pada leg kedua atau agregat menjadi 4-1.

Sedangkan Valencia melaju ke final dengan modal agregat menang 3-2. Duel leg pertama, Valencia dipaksa bermain imbang oleh Real Betis 2-2. Beruntung Valencia mampu menaklukkan Real Betis di leg kedua dengan skor 1-0. Ternyata nasib membawa Valencia mampu menaklukkan Barcelona di partai final. Misi Lionel Messi untuk mendapatkan dua trofi, yakni La Liga dan Copa del Rey tak berhasil.(*)

Source Photo: 1



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here