Estadio Santiago Bernabeu sepi penonton saat Real Madrid menjamu Leganes dalam lanjutan Copa del Rey, Rabu (9/1/2019). (Foto: www.marca.com)

Mengapa Markas Real Madrid Mulai Sepi Penonton?

JAWASPORT.COM – Fans atau suporter bagian terpenting bagi sebuah klub sepakbola. Tanpa suporter seperti tak bergairah sebuah tim sepakbola belakangan ini. Karena keberadaan suporter membuat daya tarik hingga para investor atau sponsor. Tapi daya tarik Real Madrid seperti memudar ketika markas mereka sendiri di Estadio Bernabeu sepi penonton.

Kebanggaan dan kekuatan sebuah klub ketika fans memenuhi tribun untuk memberi dukungan kepada tim kesayangannya. Laga kandang menjadi pembuktian dan kebanggan bagi setiap klub. Karena seluruh bangku di tribun dipenuhi oleh pendukung tuan rumah.

(Baca: Ronaldo dan Juventus Mendominasi, Lionel Messi Diminta ke Serie A)

Tapi manakala kondisi sebaliknya terjadi, maka wajar dipertanyakan. Kondisi ini sepertinya sedang menimpa klub raksasa, Real Madrid. Klub Spanyol ini mulai merasakan minimnya jumlah fans yang datang ke Estadio Santiago Bernabeu. Ini sesuatu yang jarang terjadi, terutama saat sang bintang Cristiano Ronaldo masih berkostum Los Blancos.

Sepinya Bernabeu digambarkan dalam ulasan media terkemuka Spanyol, www.marca.com. Bernabeu begitu megah dengan kapasitas 81.044 bangku. Tapi setengahnya kosong saat Real Madrid kedatangan tamunya Leganes pada duel leg pertama babak 16 besar Copa del Rey, Rabu (9/1/2019).

Walaupun Real Madrid menang, 3-0, tapi fans yang datang hanya ada 44.231 orang. Karena jumlah penonton laga Madrid kontra Leganes menjadi rekor terendah di Santiago Bernabeu pada kompetisi 2018-2019. Sebelumnya terjadi saat Real Madrid menjamu Getafe dalam pertandingan pekan pertama, yaitu 48.346 penonton.

(Baca: Barcelona Pimpin Klasemen, Real Madrid Makin Sulit Kejar Juara La Liga Spanyol)

Merosotnya jumlah penonton yang datang ke Bernabeu pada laga menjamu Leganes mengejutkan banyak pihak bukan hanya di Spanyol, tapi juga di dunia. Banyak pihak yang mengaitkan sepinya penonton dengan kepergian sang bintang Cristiano Ronaldo ke Juventus yang tampil sejak awal musim. Tanpa Ronaldo dan pelatih Zinedine Zidane membuat Real Madrid tak ada sosok pemimpin di lapangan yang menjadi daya tarik fans.

Tapi ada juga yang menduga akibat penampilan pemain Real Madrid inkonsisten dalam beberapa laga hingga menuai kekalahan. Memang sebelumnya Real Madrid menuai hasil memalukan setelah dikalahkan sang tamu, Real Sociedad dengan skor 0-2, dalam lanjutan Liga Spanyol, di Estadio Santiago Bernabeu, Kota Madrid, Senin (7/1/2019) dini hari WIB.

Kekalahan ini melengkapi hasil buruk yang diraih Sergio Ramos dkk dalam rentang waktu tak lama. Luka Modric dkk gagal memetik poin kala bertandang ke markas Villareal dengan hasil akhir 2-2 dalam lanjutan Liga Spanyol, di Estadio de la Ceramica, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB. Dua hasil ini memang cukup menjadi tamparan bagi fans Real Madrid.

(Baca: Real Madrid Terkapar di Bernabeu)

Bisa jadi malasnya fans datang ke Bernabeu sebagai bentuk protes nyata kepada pemain Real Madrid. Karena mereka harus menerima aib yang memalukan, dimana raksasa La Liga Spanyol dan pemegang gelar juara bertahan Liga Champions tersungkur di peringkat kelima klasemen sementara. Posisi ini sekaligus berjarak 10 poin dengan pemuncak klasemen sementara Liga Spanyol yang dipegang rivalnya, Barcelona.

Jika Real Madrid tak lagi ganas, maka sepinya penonton bisa terjadi di laga selanjutnya. Akhirnya banyak pihak yang menduga sepinya penonton di tribun karena tanpa Ronaldo atau kecewa kepada penampilan pemain Real Madrid?.(*)

Source Photo: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here