Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pegang trofi Ballon d'Or (www.sportskeeda.com)

Penghargaan Ballon d’Or sangat dinantikan oleh setiap pemain dan juga pecinta sepakbola seluruh dunia. Karena penghargaan individu ini membuat sosok pemain bakal dikenang dalam buku sejarah. Tapi belakangan ini justru Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam merajai gelar tersebut. Kecuali untuk edisi 2018 lalu.

Lalu bagaimana peluang Messi dan Ronaldo untuk Ballon d’Or edisi 2019?

(BACA JUGA: Catatan Buruk Lionel Messi di El Clasico Copa del Rey)



Memang sulit untuk dibantah bahwa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih menjadi pesepakbola paling populer dan bersinar di planet bumi. Era keduanya belum tergantikan hingga saat ini meski tim yang dibelanya gagal menuju final Liga Champions edisi ini.

Tapi kiprah keduanya masih menjadi andalan untuk timnas. Ronaldo dan Messi belum tergantikan untuk mengisi lini up timnas. Dari segi pengalaman, skill dan ketajaman di lini depan membuat Messi dan Ronaldo masih dibutuhkan untuk membela negaranya.

Melansir www.uefa.com, Cristiano Ronaldo sebagai kapten timnas Portugal membawa negaranya juara  dalam UEFA Nations League edisi perdana 2019. Keberhasilan ini setelah mengalahkan timnas Belanda dengan skor 1-0 di Estadio Do Dragao, Porto, Senin (10/6/2019) pukul 01.45 WIB.

Gelar juara Portugal ditentukan lewat gol tunggal Goncalo Guedes pada menit 59. Portugal yang memanfaatkan serangan balik berhasil mencetak gol melalui sepakan kaki kanan Valencia tersebut. Gol tersebut diawali lari solo Bernardo Silva di sisi kanan pertahanan Belanda.

(BACA JUGA: Portugal vs Spanyol – Akhirnya Ronaldo Jadi Pahlawan Juga)



Silva yang tak terkawal kemudian memberikan umpan tarik kepada Guedes, yang langsung melancarkan tembakan yang tak kuasa dihalau oleh Cillessen. Meski tak mencetak gol di final, tapi Ronaldo sebagai kapten sangat berkontribusi bagi Portugal dalam meraih gelar level eropa belakangan ini.

Sedangkan Lionel Messi juga baru saja mempersembahkan gelar juara untuk timnasnya dua hari sebelum Ronaldo membawa Portugal jadi kampiun eropa. Hanya saja, gelar yang diraih Messi dkk bukan dari turnamen besar di benua Amerika, tapi dari turnamen persahabatan, Copa San Juan Alienta. Trofi itu dimenangi Messi bareng Argentina setelah mengalahkan Nikaragua, Jumat (7/6/2019).

Laga di Stadion San Juan del Bicentenario itu, Argentina berhasil mengalahkan Nikaragua dengan skor telak 5-1. Pemain bintang Barcelona itu menunjukkan kelasnya dengan mencetak brace dalam waktu dua menit, yakni pada menit ke-37 dan menit 38′. Tapi untuk bisa setara dengan gelar yang diraih Ronaldo, maka Messi harus bisa membawa Argentina juara Copa Amerika 2019. Ajang paling bergengsi di benua Amerika ini akan berlangsung di Brasil pada 14 Juni 2019.

(BACA JUGA: Ronaldo dan Juventus Makin Mendominasi, Lionel Messi Diminta ke Serie A)



Tapi melihat sepak terjang Ronaldo dan Messi yang masih tajam di klub dan timnas, apakah keduanya layak bersaing dalam perebutan Ballon d’Or 2019. Seperti diketahui, Messi dan Ronaldo sama-sama meraih 5 penghargaan Ballon d’Or belakangan ini. Hanya edisi 2018 penghargaan tersebut jatuh kepada pemain Real Madrid, Luka Modric.

Keberhasilan Ronaldo membawa negaranya juara UEFA Nations League membuka peluang bagi mantan pemain Real Madrid tersebut. Tapi pemain Juventus ini tentu saja bakal ada saingan berat, yakni bintang Barcelona, Lionel Messi. Hanya saja, Messi harus membawa Argentina menjadi juara Copa Amerika 2019 untuk memperkuat statusnya dalam perburuan penghargaan keenam.

Hanya saja, kiprah pemain Liverpool yang berhasil juara Liga Champions juga tak bisa diabaikan, Sadio Mane dan Mohamed Salah juga dijagokan dapat penghargaan tersebut. Tapi akankah Ronaldo dan Messi yang meraih gelar tersebut lagi, atau akan digantikan pemain lain seperti edisi 2018.(*)

Source Photo: 1



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here