JAWASPORT.COM – Liverpool berada di jalur membanggakan musim ini. Terutama di level Eropa yang berhasil menancapkan kakinya di partai final Liga Champions. Sedangkan di level Premier League berhasil menduduki posisi ketiga untuk sementara. Tapi peluang untuk bahagia dan menderita masih dibayangi pasukan asuhan Juerge Klopp bisa meraih hasir minor.

Seperti dikutip dari akun @gerilyawan di UC News (9/5/2018) ternyata ada masalah bila kalah dalam dua laga terakhir. Pertanyaannya apa jawaban anda bila ditanyakan Liverpool fokus ke Premier League atau final Liga Champions? Kalau penulis ingin pasukan Juerge Klopp fokus dulu ke Premier League. Kenapa harus ke Liga Inggris, padahal tidak mungkin lagi merebut trofi? Sedangkan Liga Champions bila menang langsung juara.

Perlu diketahui, Liverpool memiliki pertandingan penting melawan Brighton & Hove Albion, Minggu (13/5/2018). Memang pertandingan ini tak akan membuat Liverpool juara di Liga Inggris. Tapi melihat posisi Liverpool di papan klasemen sementara, pertandingan ini berbahaya bagi Mohamed Salah dkk bila kalah.

Karena seperti tercatat posisi Liverpool pada klasemen sementara di www.premierleague.com (8/5/2018). Liverpool berada di posisi ketiga dengan koleksi 72 poin. Firmino dkk kehilangan poin penting saat dikalahkan Chelsea dengan skor 0-1, sebelumnya. Kehilangan tiga angka ini membuat Liverpool berada dalam jangkauan dua raksasa lainnya.

Dua tim dimaksud, yaitu Tottenham Hotspur yang mengumpulkan 71 poin dan Chelsea memiliki 69 poin. Artinya Liverpool wajib menang melawan Brighton. Bila mampu meraih tiga poin, maka akan mengumpulkan 75 poin dan tak terkejar Hotspur dan Chelsea. Tapi bila kalah, maka posisi Liverpool akan menjadi milik Hotspur dan disusul Chelsea. Artinya Liverpool tak masuk empat besar sebagai syarat tampil di Liga Champions musim depan.

Makanya Juerge Klopp dipastikan tak ingin kesempatan yang sudah di depan mata ini buyar, Yaitu mengakhiri premier League di posisi ketiga dan mendapatkan kepastian tiket Liga Champions musim depan. Tugasnya hanya mengalahkan tim peringkatan 14 Premier League.

Hanya saja, pasukan Liverpool dituntut untuk tak meremehkan tim papan tengah itu. Mereka harus belajar dari nasib raksasa lainnya Manchester United. Karena secara mengejutkan Setan Merah terjungkal oleh Brighton dengan skor 0-1. Kekalahan pasukan asuhan Jose Mourinho ini menjadi lonceng peringatan bagi Liverpool. Karena mereka bisa kehilangan jatah tiket Liga Champios musim depan. Makanya mereka harus fokus dulu untuk menang melawan Brighton untuk mengamankan posisi ketiga sekaligus tiket Liga Champions.

Kemudian baru fokus memikirkan laga final Liga Champions melawan Real Madrid, Minggu (27/5/2018) pukul 01.45 WIB. Artinya masih ada 14 hari bagi Liverpool mempersiapkan diri menghancurkan Real Madrid. Karena gelar ini sangat penting bagi Liverpool sebagai wakil Premier League guna mengakhiri puasa 13 tahun guna merengkuh trofi ‘Si Kuping Besar’.

Kemenangan ini sekaligus membuat Liverpool juga punya jatah lolos langsung ke Liga Champions musim depan. Tapi ada yang lebih penting, yaitu kebanggaan bagi Liverpool dan premier league bila menjadi juara. Karena trofi lain bakal menyusul setelah kemenangan di partai final ini.

Hanya saja, Real Madrid bukanlah lawan mudah bagi Liverpool. Sudah menjadi rahasia umum bila wakil Spanyol sangat dominan untuk memperebutkan tropi tertinggi di Eropa ini. Apalagi, Real Madrid sudah berpengalaman menjadi klub terbanyak meraih Liga Champions sebanyak 12 kali. Kemudian Ronaldo dkk ikut berjasa merebut gelar tersebut hingga 3 tropi dalam kurun lima tahun terakhir. Bahkan Real Madrid dijagokan hatrrick juara Liga Champions setelah sukses pada musim 2016 dan 2017.

Gelar satu-satunya bagi Liverpool dan Real Madrid musim ini bakal membuat kedua tim sangat berambisi untuk menang. Musim ini pasukan asuhan Zinedine Zidane dipastikan finis di posisi ketiga La Liga. Mereka juga harus merelakan gelar La Liga dan Copa del Rey kepada musuh besarnya, Barcelona.
Sedangkan Liverpool hanya berpeluang duduk di posisi ketiga bila menang lawan Brighton. Tapi gelar Premier League sudah dikuasai Manchester City. Artinya ini gelar tersisa musim ini bagi Real Madrid dan Liverpool. Mereka akan mati-matinya untuk merebutnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here