Tendangan bebas Lionel Messi (Foto: Juan Medina/Reuters)

JAWASPORT.COM – Para pemain bintang melakukan hal-hal yang di luar dugaan. Mereka selalu menonjol di lapangan hijau. Tak terkecuali bintang Barcelona, Lionel Messi yang jago dalam eksekusi tendangan bebas atau free-kick. Kini bintang asal Argentina itu bersedia membuka rahasia kesuksesannya dalam eksekusi tendangan bebas.

Banyak pemain sangat jago dalam mencetak gol lewat titik penalti. Karena hanya berhadapan dengan kiper saja. Tapi tak banyak pemain yang jago dalam mengeksekusi tendangan bebas atau free-kick. Ternyata tak mudah untuk menjadi eksekutor free-kick dalam sebuah tim.

Salah satu pemain yang jago dalam hal free-kick, Lionel Messi bersedia membuka rahasia kesuksesannya selama ini. Bomber Barcelona ini memang cukup jago dalam eksekusi tendangan bebas yang mampu menggetarkan lawan. Kali ini pemain Timnas Argentina ini bersedia membeberkan rahasia saat ditanya media terkemuka Spanyol, www.marca.com.

Seperti dilansir www.marca.com, Lionel Messi menjelaskan tentang kemampuannya mencetak gol melalui tendangan bebas saat ditanyakan wartawan media Spanyol tersebut. Kebiasaanya mencetak free-kick membuat media tersebut ingin mengetahuinya secara mendetil. Saat ini Messi merupakan pemain dengan jumlah 3 gol tendangan bebas atau terbanyak dalam lima liga top Eropa musim 2018-2019.

Publik tentu masih ingat ketika Messi membobol gawang Espanyol dua kali melalui tendangan bebas dalam lanjutan Liga Spanyol Estadio RCDE pada 8 Desember 2018 lalu. Dua gol Messi melengkapi kemenangan Barcelona, 4-0. Saat ditanya soal rahasia bisa ahli menjadi eksekutor free-kick, Lionel Messi memberikan penjelasannya.

“Sering kali kami tetap tinggal di lapangan setelah sesi latihan usai untuk mengasah kemampuan tendangan bebas. Tidak hanya tendangan bebas, tetapi juga tembakan dari luar kotak penalti. Dengan berlatih, Anda akan terbiasa menembak dengan cara tertentu dan semakin menemukan tembakan terbaik Anda. Pada akhirnya, segalanya tentang latihan,” ungkap Lionel Messi.

Meski sudah jago dalam membobol gawang lawannya melalui tendangan bebas. Messi mengaku masih terus mempertajam kualitas tendangan penaltinya. Makanya jangan heran bila Messi yang maju sebagai esekutor penalti, para kiper dan pemain lawan sudah pasrah kebobolan. Meski kadang dewi fortuna tak berpihak kepadanya.

“Saya berlatih dan menonton video para kiper. Hari ini kami mempelajari segalanya, tidak ada yang kami lewatkan. Anda harus berlatih dan selalu berusaha untuk mencoba sekali lagi,” ujar Messi yang juga peraih lima trofi Ballon d’Or atau sama dengan jumlah yang dimiliki Cristiano Ronaldo yang juga jago dalam tendangan bebas.

Bahkan awak media Marca juga memperdalam pertanyaannya seputar mencetak gol melalui tendangan bebas. Kali ini Messi pun diminta mengutarakan perbedaan antara mengeksekusi tendangan bebas dan penalti. Menurut Messi memang ada perbedaan dalam eksekusi tendangan bebas dan tendangan penalti.

“Tentu berbeda. Dalam situasi tendangan bebas, ada pagar betis, jarak lebih jauh, dan teknik tembakan berbeda. Anda tidak memiliki tekanan untuk harus mencetak gol. Dalam situsasi tendangan penalti, penjaga gawang merasa lebih nyaman dan jika seorang pemain mencetak gol, itu sebuah hal yang normal. Pemain yang menembak mempunyai kewajiban lebih untuk mencetak gol daripada kiper yang bertugas menepis. Tekanannya sangat berbeda,” ungkap Messi.

Bagi anda para pemain profesional yang ingin mempertajam tendangan bebas. Tak ada salahnya mengikuti cara yang dilakukan Lionel Messi. Saat latihan berakhir, jangan cepat-cepat meninggalkan lapangan. Sebaiknya istirahat sejenak dan kemudian meminta izin untuk melatih diri cara tendangan bebas yang akurat.

Apalagi sekarang di klub profesional sudah ada perlengkapan untuk pagar betis tanpa manusia. Makin sering berlatih, maka makin tepat sasaran dalam eksekusi tendangan bebas. Bisa dicoba ya, jangan langsung pergi setelah latihan.(*)

Source Photo: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here