Jose Mourinho
mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho

JAWASPORT.COM – Manchester United membuat banyak keputusan sebagai klub besar. Mendatangkan pemain di bursa transfer hingga menjualnya ke klub lain. Tim raksasa di Liga Inggris ini juga pernah mendatangkan pelatih dan memecatnya. Jose Mourinho merupakan manajer terakhir yang dipecat hingga digantikan Ole Gunnar Solskajer.

Memang bukan hanya klub yang pernah membuat keputusan benar dan salah. Tiap orang punya kesalahan yang dilakukan dalam hidupnya. Kadang kesalahan ini sangat disesalinya, tapi tak bisa di ulang lagi untuk diperbaiki. Ibarat pribahasa ‘nasi sudah menjadi bubur.

Begitu juga sebuah klub pasti punya kesalahan yang pernah dilakukan. Bisa jadi kesalahan itu melepas pemain yang akhirnya justru menjadi bintang di klub lain. Ada juga pembelian pemain yang disesali, karena mahal tapi tak banyak kontribusi bagi klub.

(BACA JUGA – Jose Mourinho Pilih Pekerjaan Baru Jadi Komentator)




Termasuk klub Manchester United juga pernah melakukan kesalahan fatal. MU pernah membuang pemain yang justru jadi pilar di klub lain. Sebut saja pemain belakang Gerard Pique yang pernah dibuang ke Barcelona. Kemudian hal serupa pertama terjadi kala membuang Paul Pogba ke Juventus. Tapi akhirnya dibeli lagi dengan harga cukup mahal.

Kesalahan yang paling fatal yang dilakukan Setan Merah adalah memecat pelatih kawakan dan sarat pengalaman. Keputusan Manchester United memecat Jose Mourinho pada Desember 2018 dinilai tidak tepat. Jose Mourinho kala itu dipecat setelah terakhir kali memimpin Manchester United yang kalah 1-3 dari Liverpool.

Pemecatan Jose Mourinho berujung penunjukan Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih Manchester United. Sempat tampil menjanjikan kala menjadi pelatih sementara, Ole Gunnar Solskjaer belum bisa membuat penampilan Man United konsisten. Pemecatan Jose Mourinho ternyata masih menjadi sorotan.

Salah satu pihak yang menyorot keputusan Man United tersebut adalah mantan pemain Chelsea, Joe Cole. Joe Cole percaya pemecatan Jose Mourinho adalah kesalahan yang dibuat oleh Setan Merah. Dalam enam laga awal Liga Inggris 2019-2020, Man United hanya memenangi dua pertandingan.

(BACA JUGA – Jose Mourinho Puji Inter Milan Ketimbang Klub Elit Lainnya)



www.manchestereveningnews.co.uk, Joe Cole menilai pemecatan Jose Mourinho adalah hal yang salah. Karena Mourinho adalah pelatih yang sarat dengan gelar juara diberbagai klub yang pernah ditanganinya. Kini setelah dipecat Manchester United, Jose Mourinho belum melatih tim baru. Meski begitu pria asal Portugal itu sempat dikaitkan dengan Real Madrid dan Inter Milan

“Satu hal tentang Jose yang kita semua tahu adalah bahwa dia adalah pemenang dan apa yang akan dia katakan jika ada hal yang tidak beres, dia akan mengatasi itu. Jose bukan orang yang hanya duduk diam dan berfikir ia bahagia di Man United, dia tahu reputasinya dipertaruhkan. Bagi saya, ada hal-hal salah di balik layar yang sangat mencolok, dan saya pikir menyingkirkan Jose pada waktu itu adalah pilihan yang salah, di situ lah masalahnya,” ujar Cole.

.Akankah manajemen Manchester United akan memanggil Jose Mourinho lagi setelah megecewakan dari penampilan Ole Gunnar Solskjaer. Bisa saja dilakukan nantinya karena hal serupa sering dilakukan klub lain, termasuk Chelsea. Apalagi, Mourinho baru sekali menjadi manajer Manchester United. Ini tergantung kinerja Solskjaer selama mendapatkan kepercayaan menangani MU, terutama musim ini.(*)

(BACA JUGA – Catatan Buruk Lionel Messi di El Clasico Copa del Rey)

Source Photo: 1




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here