Pemain Timnas U-22 Vietnam, Doan Van Hau
Pemain Timnas U-22 Vietnam, Doan Van Hau

JAWASPORT.COM – Ambisi pemain muda Timnas Vietnam, Doan Van Hau untuk tampil di Piala Asia U-23 2020 terancam gagal. Karena pemain yang pernah membuat pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono cedera tak mendapat restu dari klubnya.

Masih ingat pemain Timnas U-22 Vietnam, Doan Van Hau. Pemain yang pernah cederai bintang Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono dalam Final sepakbola putra SEA Games 2019 di Filipina. Akibat aksinya dia dikutuk oleh masyarakat Indonesia yang kesal atas perbuatan tak sportifnya.

Kini kabar terbaru datang dari Doan Van Hau. Karena Timnas Vietnam terancam tak bisa memakai jasanya di putaran final Piala Asia U-23 2020. Timnas Vietnam bersiap menjalani Piala Asia U-23 2020 dengan modal status runner-up edisi sebelumnya dua tahun lalu.

Namun, hasrat mereka memperbaiki pencapaian terkendala potensi absennya Doan Van Hau di skuad untuk kejuaraan tahun depan. Full-back berusia 20 tahun itu tidak mendapatkan izin memperkuat negaranya oleh klubnya, Heerenveen.

Kontestan Liga Utama Belanda itu memandang tak ada urgensi untuk Van Hau memperkuat timnas Vietnam kembali karena Piala Asia U-23 2020 bukan kejuaraan yang masuk kalender FIFA.  Sang pemain sebelumnya sudah mendapatkan izin memperkuat timnas U-22 Vietnam di SEA Games 2019.  Hasilnya, Van Hau mengantar Vietnam meraih medali emas selepas mengandaskan timnas Indonesia di final.

(Indonesia Posisi 4 Klasemen Akhir Medali SEA Games 2019)

Van Hau mencetak dua gol ke gawang Garuda Muda dengan diselipi insiden dirinya melakukan pelanggaran tak digubris wasit saat menjegal Evan Dimas. Van Hau menginjak kaki Evan hingga playmaker timnas Indonesia itu mengalami cedera dan terpaksa ditarik lebih dini.

Melansir www.foxsports.com, Heerenveen menolak permintaan timnas Vietnam untuk mengajak Van Hau tampil di Piala Asia U-23 2020 yang akan digelar di Thailand, Januari mendatang. Heerenveen, yang meminjam Van Hau dari Ha Noi FC, membutuhkan jasa Van Hau di tengah kompetisi yang berjalan nanti.

“Federasi dan saya telah berbicara kepada Heerenveen, tapi mereka tak setuju mengembalikan Van Hau,” kata pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo, seperti dilansir dari www.vnexpress.net.

(Jadwal Laga Boxing Day Premier League 2019-2020)

Meski demikian, Park sudah rela jika memang Van Hau tak bisa digunakan jasanya dan memilih mendayagunakan tenaga yang ada di skuad. Van Hau sendiri sudah menjalani debut singkat di tim utama Heerenveen pada ajang Piala Belanda, 17 Desember lalu. “Tentu saja akan ada perbedaan antara memiliki Van Hau dan tidak dalam tim. Dengannya, sistem pertahanan Vietnam akan lebih kuat dan sulit dijebol,” ucap Park.

Piala Asia U-23 2020 akan digelar di Thailand, 8-26 Januari mendatang. Timnas U-23 Vietnam akan tergabung bersama Korea Utara, Yordania, dan Uni Emirat Arab di Grup D. Sementara itu, timnas Indonesia absen di ajang ini akibat tersisih di babak kualifikasi. Dimas Drajad dkk finis di peringkat ketiga di fase grup kualifikasi, Maret lalu.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here