Rikako Ikee of Japan acknowledges the crowd after winning the women's 100-meter butterfly at the Asian Games in Jakarta, Indonesia, on Aug. 21, 2018. (Kyodo) ==Kyodo (Photo by Kyodo News via Getty Images)

JAWASPORT.COM – Jangan anggap remeh seorang wanita. Meski dianggap kaum lemah selama ini. Tapi kekuatan fisiknya bisa mengejutkan. Karena ia bisa membuat kejutan di even internasional. Bayangkan dia bisa menyumbang hingga enam medali emas untuk negara.

Wajar bila kejutan demi kejutan terjadi dalam pergelaran even Asia Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Mulai atlet yang menyumbang medali pertama untuk negaranya hingga memecahkan rekor sendiri dalam even olahraga terbesar tingkat Asia ini.

Kali ini kejutan itu datang dari kontingen Jepang. Negeri Sakura itu terus mempertahankan posisi kedua di klasemen sementara perolehan medali. Para atletnya terus berjuang untuk menjauh dari kejaran Korea Selatan. Bahkan Negeri Matahari Terbit itu juga berusaha menambah pundi-pundi medali demi mengejar dominasi China di posisi teratas.

Untuk membawa negaranya terus bersaing di papan atas, maka ada kejutan dari atlet Jepang yang berhasil memborong enam emas sekaligus. Setengah lusin medali emas ini disumbangkan oleh Rikako Ikee memborong total enam medali emas bagi Jepang. Bahkan cewek cantik ini menjadi yang tercepat sekaligus mencetak rekor baru Asian Games untuk renang nomor 50 meter gaya bebas putri dalam final di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Jumat (24/8/2018) malam.

Seperti dikutip dari www.asiangames2018.id yang dilansir dari www.antaranews.com (24/8/2018) rekor waktu Ikee 24,53 detik mengalahkan rekor lama 24,87 detik yang dicatat perenang China Chen Xinyi dalam Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan. Atlet 18 tahun itu bahkan mengalahkan Liu Xiang, unggulan China yang menciptakan rekor dunia baru nomor 50 meter gaya punggung putri dengan catatan waktu 26,98 detik dalam final Asian Games, Selasa (21/8).

Dengan capaian tersebut, Ikee mempersembahkan medali emas keenamnya untuk Jepang, setelah sebelumnya mengoleksi tiga emas untuk nomor 50 meter gaya bebas putri, 50 meter gaya kupu-kupu putri, dan 100 meter gaya kupu-kupu putri. Selanjutnya dua emas untuk nomor 4×100 meter gaya bebas estafet putri dan 4×100 meter gaya ganti estafet putri.

Dalam final nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri, pemegang empat medali emas Kejuaraan Renang Asia 2016 Tokyo itu sebelumnya juga berhasil membuat rekor baru Asian Games dengan waktu 56,30 detik. Tekad Ikee untuk berjaya dalam setiap kejuaraan tampak jelas saat dirinya mengaku membenci kekalahan. “Saya akan menang dengan tekad yang kuat,” kata dara manis ini.

Seperti dikutip dari www.asiangames2018.id (24/8/2018) malam, hingga kini Jepang masih kokoh diposisi kedua klasemen sementara perolehan medali Asian Games 2018. Jepang telah mengumpulkan 103 medali. Rinciannya adalah 29 medali emas, 31 perak dan 43 perunggu. Perolehan medali ini termasuk dari kolam renang yang disumbang Ikee.

Memang kolam renang selalu membuat mata penonton gagal fokus. Apalagi, terhadap perenang cantik dan manis. Soal bodi jangan ditanya lagi, tentu saja tak ada perenang gendut. Tubuh mereka langsing dan tinggi. Hingga membuat mata terpana termasuk gadis cantik seperti Ikee yang paling depan di kolam renang. Selamat Ikee ya, kamu warbiasa deh.(*)

Source photo: 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here