Frenkie De Jong dan Matthijs De Ligt (Getty Images)

JAWASPORT.COM – Pemain Real Madrid tak akan pernah melupakan sejarah kelam mereka. Berstatus sebagai juara bertahan yang superior tiga kali secara beruntun membawa pulang trofi Liga Champions. Piala paling bergensi ini tak mudah diraih, karena harus menyingkirkan tim elit di benua eropa.




Tapi status juara bertahan justru membawa petaka dan merasakan disingkir dan dipermalukan. Real Madrid secara mengejutkan tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions. Peristiwa memalukan itu harus disaksikan pendukungnya di Estadio Sandiago Bernabeu.

Adalah Ajax Amsterdam yang membuat marwah Real Madrid runtuh seketika dibawah asuhan Santiago Solari. Modal kemenangan di markas Ajax 1-2 tak menjamin Real Madrid lolos. Mereka terkapar di Bernabeu dengan skor 1-4. Agregat 5-3 membuat Los Blancos mengakhiri petulangannya di turnamen elit di eropa itu.




Ada dua sosok pemain yang berperan membunuh asa mengulang juara Real Madrid melaju ke perempat final Liga Champions. Gelandang muda Belanda, Frenkie De Jong dan bek Matthijs de Ligt. Dua pemain ini yang membuat musuh Real Madrid, Barcelona bergerak cepat untuk memboyongnya ke Estadio Camp Nou.

Frenkie De Jong telah berhasil direkrut dan Barcelona. Bahkan disebut-sebut Barcelona ikut berperan atas tersingkirnya Real Madrid. Karena ada permintaan dari Blaugrana kepada De Jong untuk menghabisi Real Madrid. Barcelona juga sedang bersaing dengan klub raksasa lainnya untuk mendapatkan tanda tangan Matthijs de Ligt.




Dilansir www.marca.com, Barcelona telah berhasil merekrut Frenkie De Jong pada bursa transfer Januari. De Jong dibeli seharga 75 juta euro atau Rp 1,2 triliun dan masih dipinjamkan di Ajax Amsterdam hingga akhir musim. Melihat performanya saat ini, Barcelona kemungkin memanggil pemain berusia 21 tahun ini pada musim depan.

Bahkan perwakilan Barcelona telah melakukan kontak terus-menerus dengan klub saat pembicaraan telah mencapai tahap lanjut dengan Ajax. Barcelona memang sudah mengintai bakat pemain internasional Belanda ini dan mengajukan tawaran untuk memboyongnya.




De Ligt dan De Jong telah berperan untuk Ajax musim ini dan telah menunjukkan bakat mereka dalam penampilan yang telah mereka lakukan minggu demi minggu. Bahkan De Ligt pada usia 19 tahun adalah kapten tim Belanda Ajax yang kemudian menunjukkan bahwa ia cukup matang untuk usianya dan juga seorang pemimpin di lapangan. Ia juga dinobatkan sebagai Anak Emas 2018 sebagai pemain U-21 paling menjanjikan di Eropa. De Ligt dipilih dari orang-orang seperti Justin Kluivert, Trent Alexander-Arnold, Vinicius Jr dan Cutrone.

Dilansir www.sport-english.com, Barcelona telah mengajukan tawaran pembukaan untuk kapten Ajax, Matthijs de Ligt. Barca telah menawarkan sekitar 60 juta euro plus variabel untuk pelatih asal Belanda itu dan kontrak lima tahun. Ini jumlah yang sama untuk merekrut Frenkie de Jong.




Jika benar-benar bergabung dengan Barcelona. Maka pemain Belanda ini akan menerima kontrak lima tahun dan ada banyak tawaran mengiurkan dalam kontraknya nanti. Bintang Ajax ini dibuthkan oleh Barcelona untuk menggantikan era setelah Gerard Pique di masa depan. Karena Pique saat ini berusia 32 tahun dan masa kejayaannya di lini belakang bakal segera berakhir setelah mengabdi satu dekade. De Ligt adalah bek yang sangat berbakat yang akan dengan mudah beradaptasi dengan filosofi Barca.

Tapi The Catalans menghadapi persaingan ketat dari Juventus yang juga tampaknya tertarik untuk mendapatkan bintang muda ini. Tapi tampaknya kondisi ini mendukung Cules setelah mendatangkan De Jong hingga membuat De Ligt ingin bersatu dengan rekan senegaranya. Kapten Ajax juga memberi petunjuk kepada Barca setelah mereka mengalahkan Real Madrid dari Liga Champions.




Memang lini belakang Barcelona telah dibanjiri oleh pemain seperti Samuel Umtiti, Clement Lenglet, Gerard Pique, Murillo dan Todibo. Tapi raksasa Spanyol telah meyakinkan pemain internasional Belanda ini akan menjadi pemain kunci bagi Barcelona di masa depan dan juga saat ini.

Apalagi Barcelona terlihat di posisi terdepan untuk mengontrak pemain ini. Meski mereka harus menghadapi persaingan ketat dari Juventus, PSG dan Bayern Munich yang ikut memperebutkan talenta asal Belanda ini. Tapi semua tergantung pada pemain sekarang yang sangat tergoda oleh minat Barca padanya. Faktor De Jong bisa membuat De Ligt bakal berlabuh ke Camp Nou.(*)




<>



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here